Syaikhul Azhar: Tuntutan Rakyat Tidak Membenarkan Adanya Kekerasan

Syaikul Al-Azhar Dr Ahmad At-Thayyib, meminta warga Mesir khususnya anak muda agar berhati-hati dalam menjaga keamanan dan keselamatan diri mereka dan tidak meninggalkan rumah hanya untuk melakukan sabotase.

Syaikhul Azhar juga menyerukan kepada masyarakat untuk tetap tenang dalam kondisi kritis saat ini dan meminta warga memberikan kesempatan kepada para pejabat agama untuk memberikan masukan yang bijaksana pada situasi saat ini, pada saat kemungkinan adanya campur tangan asing dalam kerusuhan Mesir dan menyerukan warga Mesir untuk mempertahankan kekuatan membela tanah air dan menjaga integritas dalam menghadapi musuh.

Pernyataan Syaikhul Azhar menyatakan bahwa Al-Azhar mendukung perasaan hati nurani massa yang menderita akan kekerasan dari pihak keamanan Mesir dan demi kepentingan bangsa Al-Azhar mendukung tuntutan masyarakat untuk kebebasan dan keadilan dalam perjuangan melawan kemiskinan, pengangguran dan korupsi. Dr. Ahmad At-Thayyib juga menyatakan penyesalannya dan rasa duka yang mendalam atas jatuhnya korban jiwa dalam kerusuhan Mesir.

Syaikhul Azhar juga menegaskan bahwa tuntutan apapun tidak dapat menjadi alasan untuk melakukan kekacauan dan serangan terhadap properti serta melakukan serangan terhadap sesama warga Mesir, menambahkan bahwa dirinya sangat peduli dengan keamanan dan persatuan bangsa Mesir.

Dalam konteks lain, Syaikhul Azhar dilaporkan telah melakukan kontak dengan presiden Mesir Hosni Mubarak – dan menegaskan dukungan kepadanya, dan Syaikhul Azhar percaya pada kemampuan Mubarak untuk mengatasi krisis dan menangani tuntutan rakyat kepada dirinya serta memulihkan stabilitas Mesir.(fq/islamtoday)