free hit counters
 

Tagar #MosquesofIndia Ramaikan Jagad Twitter India

Redaksi – Selasa, 20 Rabiul Awwal 1441 H / 19 November 2019 16:00 WIB

Eramuslim.com -Sepekan setelah Pengadilan Tinggi India memutuskan untuk menyerahkan situs bersejarah Masjid Ram Janmabhoomi-Babri di Ayodhya kepada umat Hindu, jagat Twitter diramaikan dengan hastag #MosquesofIndia pada Jumat (15/11) lalu.

Para pengguna media sosial di India menulis hastag demikian untuk meningkatkan kesadaran tentang warisan Islam di negara itu.

Masjid Babri berdiri di atas lahan yang diperebutkan antara umat Islam dan Hindu. Saling klaim atas lahan Masjid Babri itu telah memicu sejumlah kerusuhan paling berdarah di India sejak kemerdekaan negara itu. Dengan putusan itu, situs masjid tersebut diserahkan kepada umat Hindu.



Pada 9 November 2019 lalu, Mahkamah Agung India memutuskan situs yang terletak di Ayodhya di India utara itu harus dikelola  sebuah kepercayaan untuk mengawasi pembangunan sebuah kuil Hindu. Sementara itu, pengadilan memberikan sebidang tanah terpisah di kota yang sama kepada kelompok Muslim untuk membangun masjid baru.

Kasus sengketa atas lahan masjid yang telah berusia 460 tahun ini telah berlangsung selama lebih dari 25 tahun. Sebelumnya, Masjid Babri sendiri pernah dihancurkan sekelompok oknum Hindu pada 1992.

Atas putusan itu, pengguna media sosial ramai-ramai menulis hastag yang merujuk pada kerinduan mereka akan Masjid Babri. Sementara pengguna yang lain merayakan situs bersejarah Islam di negara itu. Selain merujuk pada Masjid Babri, banyak pengguna akun lain yang mengunggah tentang masjid-masjid lain di India.

Salah satu pengguna dengan nama akun @Ireneakbar menuliskan, “Mengapa kami mentrendingkan #MosquesofIndia? Karena Masjid Babri mungkin telah dihancurkan, tapi anda tidak akan pernah bisa menghilangkan warisan Islam yang menyebar di seluruh India, dalam keindahannya, masjid. Kami mencintai arsitektur kami, warisan kami dan kami merayakannya. Alhamdulillah!” (kk/rol)

Dunia Islam Terbaru