Takut Diserang "Teroris", Israel Batalkan Penerbangan dari Nigeria ke Israel

Layanan keamanan Israel telah melarang maskapai penerbangan Israel EL AL, terbang ke dan dari Nigeria karena adanya kekhawatiran bahwa pesawat milik maskapai Israel dan awaknya akan menjadi sasaran teroris.

Sebagai hasil dari keputusan perusahaan maskapai penerbangan El Al, mereka telah membatalkan serangkaian penerbangan yang direncanakan untuk mengangkut ribuan peziarah ke Israel dan kembali ke Nigeria, lapor surat kabar Haaretz.

Rencana awal adalah maskapai penerbangan EL AL akan melaksanakan penerbangan atas nama perusahaan lokal Nigeria – TAT – dimulai pada tanggal 20 Oktober mendatang. Namun pihak keamanan Israel menyatakan bahwa larangan terbang berlaku untuk seluruh maskapai penerbangan Israel.

Dan sampai saat ini masih belum jelas bagaimana ribuan peziarah yahudi akan melakukan perjalanan ke Israel dari Nigeria. Salah satu pilihan adalah mereka akan menggunakan maskapai penerbangan asing untuk melakukan penerbangan, namun harus memenuhi persyaratan keamanan ketat Israel.

Penerbangan EL AL akan beroperasi dalam apa yang disebut sebagai "wet leasing." Dengan kata lain, perusahaan penerbangan Israel akan mengoperasikan pesawat jet dan kru untuk perusahaan Nigeria.

Simbol dari maskapai El Al harus dihapus dari pesawat 747-400 yang akan digunakan untuk mengangkut para peziarah, sebagai bagian dari upaya untuk menjaga keamanan dalam sebuah operasi yang pada dasarnya adalah rahasia .

Secara keseluruhan, rencana itu akan melaksanakan sekitar 20 penerbangan, yang akan berlangsung dua sampai tiga bulan. Perkiraan jumlah peziarah yang melakukan perjalanan ke Israel berjumlah 10.000-12.000, dan penerbangan harus dilakukan dari tiga bandara Nigeria yang berbeda untuk Ben-Gurion International Airport.

Ini bukan telah pertama kalinya sebuah maskapai penerbangan Israel melakukan penerbangan dekat secara rahasia dari Nigeria ke Israel, membawa para peziarah yahudi ke Israel. Pada bulan Maret 2009, Israel telah membawa sekitar 15.000 peziarah dari Nigeria ke Israel dalam sebuah operasi penerbangan yang melibatkan sekitar 60 penerbangan yang berlangsung lebih dari dua bulan.

Maskapai penerbangan EL AL sendiri menolak untuk mengomentari laporan ini.(fq/hrzt)