Taliban Bantah Orang Dekat Mullah Umar Telah Tertangkap

Laporan media mengutip pernyataan aparat keamanan Pakistan bahwa salah seorang pemimpin gerakan Taliban Afghanistan Mullah Abdul Kabir telah ditangkap di wilayah Pakistan.

Pihak Taliban Afghanistan sendiri membantah pernyataan tersebut dan mengatakan bahwa laporan itu tidak memiliki dasar sama sekali.

Surat kabar "The Times" Inggris melaporkan bahwa seorang pejabat intelijen Pakistan mengatakan: "Mullah Abdul Kabir telah kami tangkap beberapa hari yang lalu di Nowshira di provinsi Nort West Frontier Pakistan."

The Times juga menjelaskan bahwa Mullah Abdul Kabir merupakan salah seorang pemimpin dan wakil menteri di dalam pemerintahan Emirat Islam Taliban Afghanistan sejak tahun 2001, dirinya menjalankan operasi militer melawan pasukan boneka Afghanistan dan pasukan kafir NATO di bagian timur Afghanistan, ia juga dianggap sebagai orang dekat dari pemimpin Taliban Afghanistan Mullah Umar.

Kepemimpinan Taliban bereaksi keras dengan laporan tersebut, mereka membantah keras bahwa Mullah Abdul Kabir seorang pemimpin senior Taliban di Afghanistan.

Taliban dalam pernyataan yang diposting di situsnya menyatakan bahwa "berita ditangkapnya Mullah Abdul Kabir tidak benar dan tidak berdasar sama sekali."

Pernyataan tersebut menambahkan bahwa "Emirat Islam Afghanistan mengecam keras laporan yang dipublikasikan terkait tentang penangkapan salah satu pemimpin puncak Taliban Mullah Abdul Kabir."

Sebelumnya pihak militer Pakistan telah mengumumkan bahwa mereka telah menangkap seorang komandan militer senior Taliban Afghanistan Mullah Abdul Ghani Baradar. (fq/imo)