Taliban: Kami Ingin Akhiri Kekuasaan Kolonial AS di Afghanistan

Taliban mengatakan kematian utusan Khusus AS untuk Pakistan dan Afghanistan, Richard Holbrooke, menyebabkan harus segera terjadi penarikan pasukan asing dari daerah yang bermasalah tersebut.

Holbrooke meninggal dunia setelah menjalani operasi di Washington hari Senin lalu. Diplomat veteran berusia 69 tahun, merasa sakit pada pertemuan Departemen Luar Negeri pada hari Jumat, kemudian menjalani operasi.

Holbrooke bergabung dengan pemerintahan Presiden Barack Obama sebagai utusan khusus untuk Pakistan dan Afghanistan pada tahun 2009. Karir diplomatiknya membentang selama hampir lima dekade.

Kelompok pejuang Taliban mengatakan Amerika harus menyerah atas gagasan pemerintahan kolonial mereka di Afghanistan.

"Emirat Islam Afghanistan menyerukan kepada kekuatan Amerika untuk melupakan mimpi mereka dan segera meninggalkan dominasi militer dan tindakan kolonial mereka di Afghanistan," kata juru bicara Taliban kepada AFP.

Taliban juga mencatat bahwa strategi baru Obama pada perang Afghanistan pasti akan menemui kegagalan, sembari mengatakan, "formulasi strategi militer baru mereka tidak akan pernah merubah kekalahan mereka."

Pernyataan Taliban tersebut muncul beberapa hari sebelum kajian yang akan dilakukan oleh AS dari perang di Afghanistan.

Pada tahun 2001, AS dan sekutunya menginvasi Afghanistan untuk melenyapkan ‘terorisme’. Namun, pendudukan yang dipimpin AS menyebabkan negara Afghanistan kini telah berubah menjadi ladanga perang yang berkepanjangan.(fq/prtv)