Taliban Pakistan Tidak Merespon Tawaran Perjanjian Damai Pemerintahan Pakistan

taliban pakistanTaliban Pakistan tidak menghadiri  dan tidak mengirim seorang komandan senior pun untuk menyambut tawaran pemerintah Pakistan untuk mengadakan pembicaraan damai, menurut juru bicara kelompok itu.

Komandan Taliban Pakistan , Asmatullah Muawiyah, tidak lagi berwenang untuk menanggapi tawaran pemerintah, Shahidullah Shahid, juru bicara Taliban Pakistan , mengatakan pada hari Sabtu.

Muawiya telah tidak menjabat  sebagai pemimpin sayap Taliban Pakistan  dari provinsi Punjab pusat, kata Shahid.

Nawaz Sharif, perdana menteri Pakistan yang mulai menjabat pada bulan Juni, berkampanye untuk  memulai pembicaraan damai dengan Taliban sebagai cara terbaik untuk mengakhiri konflik berdarah .

Sharif menegaskan keinginannya untuk mengadakan perundingan dalam sebuah pidato pada hari Senin pekan lalu.

Taliban Pakistan mundur dari penawaran negosiasi pada akhir Mei karena  pada masa lobby perjanjian , terjadi pelanggaran oleh pihak AS dengan sepengetahuan Pakistan. dengan adanya serangan pesawat tak berawak AS yang menewaskan wakil komandan kelompok tersebut.

 

 

Ide mengadakan pembicaraan perdamaian pemerintah dengan Taliban adalah masalah kontroversial di Pakistan karena buruknya hubungan keduanya dengan berbagai peristiwa  masa lalu yang saling menghancurkan.

Beberapa pihak di Pakistan telah mengkritik perjanjian perdamaian tersebut, kata mereka perjanjian ini hanyalah untuk  mengizinkan kelompok-kelompok bersenjata untuk membangun kembali kekuatan mereka untuk melanjutkan memerangi pemerintah dan pasukan pimpinan Amerika di Afghanistan. (Aljazeera/KH)