Taliban: Pemboman Masjid Perbuatan Blackwater

Mantan juru bicara Taliban Pakistan, Azam Tariq membantah keterlibatan Taliban dalam serangan di sebuah Masjid di Dara Adamkhel. Ia mengatakan bahwa AS dan Blackwater-lah yang sesungguhnya harus bertanggung jawab atas tindakan itu, di mana para jamaah masjid banyak yang tewas dan menderita luka-luka. Tariq, yang berasal dari Dara Adamkhel juga membantah bahwa ledakan itu adalah hasil karya kelompok militan Pakistan.

"Ini adalah hasil perbuatan Blackwater," kata Tariq yang merujuk pada perusahaan keamanan AS yang sekarang diganti menjadi Xe. Tariq saat ini melarikan diri dari daerahnya sendiri setelah operasi militer dan saat ini bersembunyi di tempat Taliban di Orakzai Upper dan bekerja di bawah komando langsung Kepala Taliban Pakistan, Hakimullah Mehsud, penerus Baithullah Mehsud.

Wali-ur-Rehman Mehsud, komandan kedua Taliban mengatakan bahwa Blackwater berada di balik sebagian besar insiden dimana orang tak berdosa banyak menjadi sasaran. "Blackwater yang melakukan tugasnya di Pakistan mendestabilisasi dengan menargetkan masjid-masjid dan membunuh orang tak bersalah dan kemudian menyalahkan Taliban."

Mehsud juga menyalahkan media karena pemberitaan yang tak berdasar. "Sebagian besar dari tuduhan itu adalah palsu," katanya.

Para sesepuh Dara Adamkheil mengatakan bahwa penduduk daerah itu adalah pro-pemerintah dan selalu berpartisipasi dalam operasi militer terhadap pejuang Taliban jadi mereka mencurigai Taliban dalam serangan itu.

Amerika Serikat sendiri telah mengutuk serangan teror di dua di masjid di Darra Adamkhel dan Peshawar pada hari Jumat. AS menegaskan akan terus bekerja dengan pemerintah Pakistan untuk memerangi ekstremisme kekerasan dan terorisme. (sa/pakobserver)