free hit counters
 

Tentang Surat An-Nisa Ayat 135 yang Dipasang di Dinding Harvard

Redaksi – Kamis, 24 Jumadil Akhir 1441 H / 20 Februari 2020 11:00 WIB

Eramuslim.com – Dinding jalan masuk utama fakultas hukum Harvard memajang kutipan surat An-Nisa ayat 135 dalam Al-Quran. Potongan ayat 135 tersebut memerintahkan muslim selalu bertindak adil pada seluruh kelompok masyarakat.

Berikut potongan ayat 135 dari surat An-Nisa dalam Al-Qur’an, yang terpampang dalam Words of Justice.

ا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ بِالْقِسْطِ شُهَدَاءَ لِلَّهِ وَلَوْ عَلَىٰ أَنْفُسِكُمْ أَوِ الْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ ۚ إِنْ يَكُنْ غَنِيًّا أَوْ فَقِيرًا فَاللَّهُ أَوْلَىٰ بِهِمَا

Arab latin: Yā ayyuhallażīna āmanụ kụnụ qawwāmīna bil-qisṭi syuhadā`a lillāhi walau ‘alā anfusikum awil-wālidaini wal-aqrabīn, iy yakun ganiyyan au faqīran fallāhu aulā bihimā



Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya.

Dikutip dari situs Islamicstudies atas izin Islamic Foundation UK, ayat ini memerintahkan muslim tak hanya berteori soal keadilan. Muslim wajib menerapkan keadilan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan menjadi standar dalam praktik perlakukan yang tidak memihak pada kelompok tertentu.

Adil tentunya tak hanya dalam perkara yang menyangkut diri sendiri, namun juga urusan orang lain. Dengan seluruh kemampuan yang dimiliki, muslim harus memastikan semua orang mendapat perlakukan yang adil tanpa kecuali.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Dunia Islam Terbaru