Tentara Afghanistan Tembak Tiga Tentara NATO

Tragedi "teman tembak teman" kembali menimpa tentara koalisi di Aghanistan. Seorang tentara Afghanistan menembak mati seorang tentara AS dan melukai dua tentara asal Italia di basis militer Bala Murghab, provinsi Badghis, sebelah barat Afghanistan.

Pasukan Bantuan Keamanan NATO (ISAF) dalam keterangan resminya menyatakan, "Seorang tentara ISAF dari AS tewas dalam sebuah insiden penembakan di bagian barat Afghanistan. ISAF bekerjasama dengan militer Pakistan akan menyelidiki kasus ini."

Disebutkan pula bahwa tentara Afghanistan yang melakukan penembakan juga luka-luka akibat tembakan sejumlah tentara ISAF dan Afghanistan, yang berusaha menghentikan insiden tersebut. "Tentara Afghanistan itu sudah ditangkap dan kini dalam pengawasan di rumah sakit kamp militer," demikian pernyataan ISAF.

Sementara juru bicara pasukan Italia di Afghanistan menyatakan, dua tentaranya yang kena tembak hanya mengalami luka ringan dan sudah kembali bertugas.

Jubir ISAF mengaku belum mengetahui motif penembakan tentara Afghanistan yang notabene binaan pasukan koalisi asing di negeri itu. Pihak pasukan koalisi masih menyelidiki apakah penembakan itu dilakukan dengan sengaja atau tidak. Diduga, tentara Afghanistan yang berasal dari Kabul itu mengalami gangguan mental.

Insiden penembakan serupa pernah dilakukan seorang polisi Afghan yang menyebabkan tewasnya lima tentara Inggris. Kelompok Taliban di Afghanistan mengklaim bertanggungjawab atas insiden tersebut, yang memicu spekulasi bahwa militer Afghanistan sudah disusupi anggota Taliban. (ln/aljz)