Tentara Inggris Tewas dalam Sebuah Ledakan di Helmand

Departemen pertahanan Inggris pada hari Kamis kemarin (11/2) menyatakan bahwa seorang tentara Inggris tewas dalam sebuah ledakan di provinsi Helmand, Afghanistan Selatan.

Kementerian pertahanan Inggris mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa telah terjadi sebuah ledakan di daerah Babagi di pusat provinsi Helmand pagi ini (kamis 11/2) yang menewaskan seorang tentara Inggris. Tentara Inggris tersebut tewas sewaktu ia sedang melakukan patroli dengan berjalan kaki.

Menurut laporan resmi, sekitar 257 tentara Inggris tewas di Afghanistan sejak tahun 2001. Pada saat ini ada sekitar 9.500 personil tentara Inggris di Afghanistan dan kebanyakan dari mereka berada di provinsi Helmand yang merupakan kubu pertahanan Taliban.

Sebelumnya, angka-angka resmi kementerian pertahanan Inggris yang bocor ke media memperlihatkan bahwa personil tentara Inggris, lebih dari seribu orang yang terluka dan mengalami masalah mental karena bencana perang melawan Taliban di Afghanistan.

Surat kabar "Sunday Mirror" mengatakan bahwa hampir 750 tentara Inggris telah menderita masalah-masalah mental dalam waktu tiga bulan selama perang di Afghanistan.

Dia menambahkan bahwa angka-angka yang bocor dari Kementerian Pertahanan Inggris menunjukkan terjadinya penyakit mental di personil angkatan bersenjata Inggris akibat dari bencana perang melawan Taliban dan telah didiagnosis 746 kasus baru dari "post traumatic stress disorder" dan penyakit mental lainnya dalam kurun waktu tiga bulan terakhir selama musim panas.

Angka lain menunjukkan bahwa 312 tentara Inggris telah menderita masalah-masalah psikologis lain termasuk depresi, kecemasan atau kecanduan alkohol dan penyalahgunaan narkoba telah berkembang menjadi lebih dari seribu tentara Inggris yang harus menjalani pengobatan karena perang di Afghanistan.(fq/imo)