Tiga Tuntutan Taliban

Satu hari menjelang konferensi Afghanistan di Londong,Taliban di Afghanistan angkat bicara. Ia menilai konferensi itu akan sia-sia jika tidak mempertimbangkan realita yang sebenarnya terjadi di Aghanistan.

Jubir Taliban, Zabihullah Mujahid dalam pernyataannya mengatakan satu-satunya solusi untuk Afghanistan adalah penarikan semua pasukan internasional dari negeri itu. "Jika penarikan pasukan tidak menjadi fokus pembicaraan dalam konferensi London, konferensi itu akan menuai hasil yang mengecewakan, sama seperti konferensi sebelumnya, di Paris dan di Tokyo," demikian pernyataan Mujahid.

Ia juga menyatakan, untuk menciptakan perdamaian di Afghanistan, seluruh anggota Taliban yang ditahan di kamp penjara Guantanamo dan kamp penjara Bagram harus dibebaskan dan PBB menghapus semua nama pemimpin Taliban yang dimasukkan ke dalam daftar teroris. Jika tidak, Taliban akan tetap melakukan perlawanan terhadap pasukan asing dan membebaskan Afghanistan dari penjajahan negara asing.

Sejumlah negara, terutama yang ikut mengirimkan pasukannya ke Afghanistan akan berkumpul di kota London besok untuk membahas strategi baru di Afghanistan. AS sebagai pimpinan pasukan koalisi dalam invasi ke Afghanistan sedang mempertimbangkan untuk "mernagkul" Taliban dalam sistem politik di Afghanistan, agar Taliban mau meletakkan senjata dan berhenti melakukan perlawanan terhadap pasukan asing.

Utusan khusus AS di Afghanistan, Richard Holbrooke yakin mayoritas anggota Taliban mau diajak kerjasama dan mau meletakkan senjata. Tapi sebagian pemimpin Taliban menegaskan bahwa mereka tidak akan terpengaruh bujukan negara asing untuk menghentikan perlawanan. (ln/prtv)