free hit counters
 

Tim Investigasi Uskup Desmond Tutu Kunjungi Jalur Ghaza

Magdalena – Rabu, 21 Jumadil Awwal 1429 H / 28 Mei 2008 13:27 WIB

Aktivis sosial Uskup Desmond Tutu berkunjung ke Jalur Ghaza dan bertemu dengan pimpinan Hamas Ismail Haniyah. Tutu bersama dengan tim dari PBB ke Ghaza untuk melakukan investigasi serangan Israel ke wilayah itu, yang menewaskan 19 warga sipil Palestina.

Setelah menunggu selama satu setengah tahun, Dewan Hak Asasi Manusia PBB akhirnya memutuskan untuk mengirim tim investigasi ke Ghaza yang akan menyelidiki peristiwa serangan Israel ke Beit Hanoun, yang terjadi tahun 2006. Rejim Zionis menolak memberikan visa bagi tim tersebut, namun tim yang dipimpin Uskup Desmond Tutu ini tidak kehilangan akal. Mereka masuk ke Ghaza melalui perbatasan Rafah di Mesir.

Di Ghaza, selain bertemu Haniyah, Uskup Desmond Tutu dan tim investigasinya akan berkunjung ke Beit Hanun tempat peristiwa terjadi dan akan menggali informasi dari para saksi mata dan mereka yang selamat dalam serangan keji Israel tahun 2006 lalu. Menurut seorang pejabat PBB, setelah mengumpulkan informasi, tim investigasi ini akan melaporkannya ke Dewan Hak Asasi Manusia PBB di Jenewa.

Tragedi Beit Hanun terjadi pada tanggal 8 November 2006. Israel melakukan serangan ke rumah-rumah warga Palestina, akibatnya 19 warga sipil Palestina gugur di antaranya lima perempuan dan delapan anak-anak. Serangan Israel ini menuai kecaman dunia internasional. (ln/presstv)

Dunia Islam Terbaru