Timur Tengah Berselimut Salju, Aktivitas Masyarakat Lumpuh

Sejumlah negara Timur Tengah mengalami musim dingin yang tidak biasa, berupa hujan salju. Akibatnya, beberapa tempat diselimuti salju sehingga menghambat aktivitas warga masyarakat.

Di Yordania, pemerintahnya sampai mengumumkan libur nasional karena salju tebal yang menutupi jalan-jalan di kota Amman. Sekolah-sekolah, kampus dan bank-bank tutup. Warga masyarakat lebih memilih berdiam di dalam rumah untuk menghindari cuaca dingin yang menggigit di negara yang sebagian besar wilayahnya padang pasir itu.

Warna putih salju nampak di kawasan dataran tinggi di sebelah barat Amman. Banyak warga Amman yang tinggal di perbukitan itu terjebak salju dengan ketebalan beberapa sentimeter. Para pejabat pemerintahan Yordania menghimbau warganya untuk berdiam di rumah dan tidak bepergian dengan menggunakan kendaraan, kecuali dalam kondisi darurat.Akibat tebalnya salju, juga menyebabkan sejumlah keberangkatan pesawat terbang di bandara internasional ditunda.

Di ibukota Lebanon, Beirut turun hujan deras disertai angin kencang. Sementara di kawasan pegunungan, salju tebal menutup jalan-jalan. Warga Beirut yang terbiasa dengan udara panas, banyak yang mengeluhkan kondisi cuaca yang mendekati beku. Berbeda dengan laporan-laporan lamaran cuaca yang justru menyambut kedatangan hujan dan salju, karena akan menjadi sumber air untuk mengisi waduk-waduk dan tempat penampungan air yang kosong.

Seorang aparat keamanan di Beirut juga menyambut turunnya hujan dan salju. "Setidaknya mendinginkan suasana Beirut yang sepekan kemarin panas akibat kerusuhan, " katanya.

Salju pertama dilaporkan juga turun di Yerusalem, wilayah Palestina. Salju nampak menutupi kubah Dome of the Rock yang terletak di tengah Kota Tua. Jalan-jalan yang pada jam kerja nampak ramai, terlihat agak sunyi. Mobil yang melintas bisa dihitung dengan jari, para pejalan kaki juga sesekali harus menghindar tumpukan salju atau genangan air akibat salju yang mencair.

Sekolah-sekolah, kantor dan toko-toko di kota Ramallah dekat Tepi Barat juga banyak yang tutup, akibat cuaca dingin dan salju yang turun.

Di Suriah, salju turun sepanjang malam di Damaskus. Suhu udara mencapai tujuh derajat celcius. Televisi Suriah melaporkan, jalan-jalan di selatan Suriah ditutup akibat tebalnya salju. (ln/al-arby)