Tokoh Penghianat Irak Lolos dari Serangan Mematikan Milisi Al Qaeda

anti al qaeda irakSeorang tokoh milisi Sunni bentukan pemerintah Syiah yang kerap menentang milisi al- Qaeda lolos dari upaya pembunuhan Senin,  yang menewaskan enam pengawalnya dan seorang warga sipil dan melukai delapan orang , kata pihak berwenang .

Tujuh orang tewas dan 15 terluka dalam kekerasan terpisah di Baghdad dan kota lain Irak sebagai negara dari  gelombang konflik Muslim – Syiah .

Dua serangan mentargetkan iring iringan  Wisam al – Hardan  di kawasan barat Harthiyah Baghdad , tetapi dalam serangan itu tokoh tersebut lolos dari serangan dan tidak terluka , kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Saad Maan .

Al – Hardan walaupun berasal dari Sunni , baru-baru ini ditunjuk oleh perdana menteri Irak yang Syiah  untuk memimpin sebuah bentukan milisi Sunni yang dikenal sebagai Sahwa , bahkan ironisnya milisi ini bergabung dengan pasukan AS dalam perang melawan Al-Qaeda pada puncaknya perang Irak .

Sejak itu, milisi Sahwa  menjadi target bagi gerilyawan pejuang Muslim , yang  menganggap milisi itu adalah bentukan pemerintah Syiah dan pihak barat, dan layak disebut sebagai  pengkhianat .

Pada hari yang sama, terjadi bom  mobil dengan sarat bahan peledak ke sebuah  pos pemeriksaan keamanan dekat kota Baqouba , menewaskan empat orang dan melukai 12  orang , kata polisi dan pejabat rumah sakit yang berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk berbicara dengan media . Baqouba , bekas kubu pertahanan Al-Qaeda , adalah 60 kilometer ( 35 mil) timur laut Baghdad .

Di bagian tenggara Baghdad , sejumlah petugas polisi Irak  bersenjata  dilengkapi dengan peredam melepaskan tembakan di jalan komersial , menewaskan dua orang dan melukai tiga orang , kata seorang pejabat polisi yang berbeda yang juga berbicara dengan syarat anonim karena ia tidak berwenang berbicara dengan media , tidak  jelas mengapa petugas polisi melepaskan tembakan . (Arby/KH)