Trauma Masih Ada Di Myanmar

Sebagai bagian dari salah satu masyarakat Asia yang paling beragam etnis, Muslim Myanmar takut mereka menjadi “kambing hitam” dari proses reformasi menyusul gelombang kekerasan agama.

Setidaknya 43 orang tewas dalam bentrokan Buddha-Muslim yang meletus bulan lalu di pusat Myanmar dimana masjid dibakar dan rumah-rumah Muslim hancur.

Kerusuhan – yang diikuti gelombang pertumpahan darah keagamaan di barat Myanmar – memiliki rasa takut menanamkan ke dalam umat Islam di negara itu, setelah hidup damai bersama umat Buddha selama beberapa generasi.

“Semua Muslim yang tinggal di Myanmar khawatir tentang hal ini. Apa yang akan terjadi pada iman kita? Bagaimana kita bisa hidup dalam masyarakat Buddhis ini?” kata Nyunt Maung Shein, ketua Dewan Urusan Agama Islam di negara itu.

“Mengapa kita begitu menyedihkan bahwa pria dan wanita, anak-anak, mahasiswa dibunuh secara brutal? Muslim menjadi kambing hitam dalam masa transisi dari junta brutal.”

Tahun lalu setidaknya 180 orang tewas di negara bagian barat Rakhine dalam bentrokan antara umat Buddha lokal dan Rohingya – sebuah minoritas Muslim diperlakukan dengan permusuhan oleh sebagian Burma yang melihat mereka sebagai imigran ilegal Bangladesh.

Sementara Rohingya – yang digambarkan oleh PBB sebagai salah satu minoritas yang paling teraniaya-di planet ini – telah lama ditolak pemerintah Myanmar kewarganegaraannya. Sedangkan umat Islam yang ditargetkan dalam kerusuhan bulan lalu adalah warga negara Myanmar.

Lonjakan Islamophobia merupakan tantangan utama bagi pemerintah reformis Presiden Thein Sein yang menjabat dua tahun lalu setelah berakhirnya dekade pemerintahan yang keras oleh militer yang sebagian besar ditekan ketegangan agama.

“Kami tertindas oleh rasa takut, kesedihan dan keraguan,” kata Kyaw Nyein, konsultan hukum dan anggota senior Jamiat-Uloma-El Islam, sebuah organisasi ulama.

“Bahkan jika pemerintah bersedia untuk menyembuhkan luka ini , itu akan membutuhkan waktu puluhan tahun.”

“Sebelumnya, sebelum reformasi, ada satu komando militer yang akan menghentikan hal apapun,” katanya. “Sekarang ini adalah pemerintahan sipil. Ada begitu banyak langkah yang perlu diambil sebelum (ada) tindakan.”

Muslim Myanmar resmi mencapai sekitar empat persen dari populasi sekitar 60 juta, meskipun negara belum dilakukan sensus dalam tiga dekade.

Tetapi organisasi-organisasi Muslim lokal percaya angka yang sebenarnya setidaknya dua kali lipat – dan proporsinya bahkan mungkin lebih tinggi di Yangon, bekas ibukota dan kota komersial utama, yang merupakan rumah bagi beberapa lingkungan Muslim.

Di Meiktila diperkirakan 30 persen dari populasi adalah Muslim, termasuk banyak yang datang dari China sejak dekade lalu sebagai pedagang. Lainnya berasal dari Bangladesh, meskipun mayoritas berasal dari India selama pemerintahan kolonial Inggris.

Apapun lamanya warisan mereka, umat Islam secara luas tetap dianggap sebagai orang asing, kata Alexandra de Marsan, seorang antropolog dengan National Institute yang berbasis di Paris .

“Ada  konversi” Islam di Myanmar, jelasnya. “Kebanyakan umat Islam adalah keturunan asing dari India atau negara lain.”

Kekerasan baru-baru ini memicu kekhawatiran internasional dan membawa panggilan bagi pemerintah Thein Sein untuk mengambil tindakan cepat untuk memadamkan pertumpahan darah.

Meskipun demikian di kota-kota seperti Yangon – yang sejauh ini sebagian besar tetap damai – Muslim masih hidup dalam ketakutan.

“Semua orang takut, bahkan aku,” kata Kyaw Nyein. “Setiap malam ada rumor. Kami berada di bawah tekanan.” (Dz/Ant)