Turki Putus Hubungan Dagang dengan Israel

Menteri Perdagangan Luar Negeri Turki Zafer Jaglayan menyatakan akan ada penurunan tingkat hubungan perdagangan dengan Israel bahkan mungkin memutuskan sama sekali, dan hal tersebut termasuk pilihan Turki dalam menanggapi serangan berdarah Israel terhadap armada kebebasan.

Jaglayan menyatakan bahwa perilaku terorisme negara yang dilakukan oleh Israel dapat menyebabkan penurunan volume perdagangan tanpa ukuran dan pertukaran yang tinggi, akibat dari tindakan Israel tersebut.

Menurut statistik resmi, total volume pertukaran perdagangan antara Turki dan Israel tahun lalu sebesar 5,2 Milyar dolar dengan kemungkinan lebih tinggi selama setahun berjalan.

Segera setelah serangan yang menewaskan puluhan orang tewas dan terluka, yang sebagian besar wargaTurki, Dutabesar Ankara untuk Tel Aviv telah ditarik dari Israel dan Turki juga membatalkan latihan militer bersama dengan Israel yang telah dijadwalkan berlangsung bulan depan.

Para pejabat Turki mengatakan negaranya pada saat ini sedang berusaha untuk memperkuat hubungan perdagangan dengan semua negara yang tidak akan menimbulkan risiko, mengingat ada sesuatu di atas nilai-nilai etika nasional dan bangsa Turki.(fq/imo)