Ulama Terkemuka Pakistan Ditembak OTK

Eramuslim – Ulama terkemuka, Maulana Adil Khan meninggal dunia. Ulama asal Pakistan tersebut meninggal dunia di dalam mobil bersama seorang sopirnya.

Polisi Pakistan Selatan mengonfirmasi bahwa ulama tersebut dibunuh dengan cara ditembak dalam sebuah serangan diduga terkait sektarian.

Menurut polisi, Maulana Adil Khan hendak kembali dari sebuah acara publik pada Sabtu malam. Saat itu, mobilnya dihujani oleh peluru yang ditembakkan orang-orang bersenjata dengan sepeda motor.

Peristiwa itu terjadi di sebuah area pasar di Karachi. Khan sendiri, seorang sarjana dari sekte Sunni Deobandi, mengelola pesantren yang dikenal sebagai Jamia Farooqia, di kota terbesar di Pakistan dengan penduduk 15 juta orang.

Selama bertahun-tahun, Karachi telah mengalami kekerasan politik, sektarian, dan militan yang telah menyebabkan ribuan orang meninggal dunia. Para pejabat mengklaim bahwa operasi keamanan yang berkelanjutan selama bertahun-tahun telah memperbaiki situasi di kota pelabuhan itu, meskipun serangan terisolasi masih terjadi.

Perdana Menteri Imran Khan mengutuk pembunuhan ulama itu dan menyalahkan India karena mencoba untuk memicu konflik sektarian di Pakistan.

“Pemerintah saya telah mengetahui dan saya telah berulang kali menyatakan ini di TV, sejak tiga bulan lalu India berusaha untuk pembunuhan para ulama dari sekte Sunni dan Syiah untuk menciptakan konflik sektarian di seluruh negeri,” kata Khan melalui akun Twitternya, dilansir dari VOA, Ahad (11/10).

Dia mengatakan, bahwa badan keamanan Pakistan telah mencegah berbagai upaya terjadinya serangan itu dalam beberapa bulan terakhir. “Ulama kami dari semua sekte agar memastikan, orang-orang tidak terjebak dalam rancangan jahat India yang mengguncang Pakistan,” tambah Khan.