Umur Mubarak Tinggal Satu Tahun: Menghitung Hari?

Washington Times melaporkan bahwa saat ini, Presiden Mesir, Hosni Mubarak diperkirakan hanya bisa hidup sekitar satu tahun lagi. Seperti diketahui, Mubarak saat ini menderita sakit parah, dengan penyakit pankreas dan kanker perut. Kondisi kesehatan Mubarak ini tentu saja membuat beberapa negara jadi ketar-ketir.

Haaretz juga melaporkan sekitar dua minggu yang lalu bahwa kesehatan Mubarak begitu buruk. Ditambah usianya sekarang sudah menginjak 82 tahun.

The Washington Times mengutip Steven Cook, seorang pejabat senior di Dewan Hubungan Luar Negeri, mengatakan bahwa Mubarak sudah mendekati akhir hayatnya.

"Ketika saya masih di Kairo pada bulan Mei, hal itu sangat menarik. Orang-orang bersedih karena Mubarak sedang sakit. Setiap orang memahami akhirnya telah dekat; perkiraan mungkin 12 sampai 18 bulan lagi," ujar Cook.

Beberapa intelijen bahkan memperkirakan bahwa Mubarak akan mati dalam waktu setahun, sebelum pemilihan presiden negara itu, yang sedianya akan dilaksanakan pada September 2011.

Sementara itu, pejabat Amerika mengatakan bahwa Dewan Intelijen Nasional dan Komando Sentral AS telah meminta analis untuk menilai skenario yang mungkin terjadi setelah kematian Mubarak dan dari transisi kekuasaan.

Mubarak seharusnya bertemu Netanyahu minggu lalu, tapi berulang kali ditunda, menyebabkan para pejabat Israel khawatir. (sa/hrtz)