Uni Eropa: Israel Berniat Caplok Yerusalem Timur

Yerusalem, Penggusuran dan pengusiran yang dilakukan Israel terhadap ratusan penduduk Muslim-Palestina di bilangan Silwan, Yerusalem Timur, menengarai jika negara Zionis itu hendak meyahudikan Yerusalem secara utuh dan membersihkannya dari segala hal yang berbau Arab dan Islam.

Imam besar dan khatib Masjid al-Aqsha yang sekaligus mantan Menteri Wakaf Palestina, Dr. Yusuf Salamah mengatakan pemerintahan Israel terus berupaya untuk meyahudikan Yerusalem. Hingga saat ini, Israel juga terus mengembangkan proyek pendirian Kuil Suci Yahudi Sulaiman Ketiga.

Kecaman serupa juga datang dari ulama kharismatik Dr. Yusuf al-Qardhawi. Ulama asal Mesir itu mengatakan srael menghendaki untuk membersihkan Yerusalem dari segala unsur yang berbau Arab-Islam, bahkan juga Kristen.

"Israel tengah berupaya membersihkan Yerusalem dari segala hal yang berbau Islam dan Arab, bahkan juga Kristen," kata al-Qardhawi sebagaimana dilansir Islamonline (7/3).

Sementara itu, sumber Uni Eropa yang dilansir surat kabar terkemuka Inggris The Guardian (8/3) menyatakan, jika Israel memang berniat mencaplok Yerusalem Timur.

"Apa yang dilakukan Israel berupa pengusiran pemukim Palestina, penggusuran rumah penduduk Palestina, sekaligus pembangunan ribuan unit pemukiman baru untuk penduduk Yahudi merupakan langkah-langkah nyata untuk menjadikan Yerusalem Timur sebagai bagian dari milik Israel," ungkap sumber tersebut.

Negara Zionis Israel sejatinya memang berniat untuk menjadikan seluruh wilayah Yerusalem sebagai ibu kota masa depan mereka. Sayangnya, terkait kasus ini, belum ada satu pemimpin Arab pun yang berani mengambil ketegasan sikap. (lu2/iol/grd)