Untuk Perbaiki Citra Negara, Remaja Saudi Luncurkan Kampanye Media

Dalam rangka memperbaiki citra negeri mereka yang sering di gambarkan "salah" oleh media-media barat, remaja Saudi telah meluncurkan sebuah kampanye kesadaran media di internet lewat situs jejaring sosial Facebook – sebagai tanggapan atas hal tersebut.

Kampanye yang dilakukan sampai sejauh ini telah mendapat lebih dari 320 orang pendukung, kampanye ini dinamakan "Tak Pernah Kompromi terhadap tanah air anda" yang ditujukan kepada media barat. Kampanye juga menyerukan para wartawan barat untuk lebih akurat ketika memberitakan informasi tentang negara kerajaan Arab Saudi.

"Kampanye ini bertujuan untuk merespon pemberitaan negatif media barat terhadap masyarakat Saudi," kata Amgad al-Manif juru bicara resmi kampanye ini kepada Al Arabiya.

Target utama dari kampanye ini adalah untuk mempresentasikan secara benar identitas dari Arab Saudi, dimulai dengan meninjau semua laporan media dan tayangan televisi yang menargetkan penonton rakyat Saudi dan melawan segala macam pemberitaan yang menodai kerajaan.

"Kampanye ini bukan bermaksud untuk melakukan sensor kepada wartawan. Kami tidak menentang kebebasan berekspresi," Manif menjelaskan."Kami hanya menentang informasi yang tidak benar yang bertentangan dengan tujuan jurnalisme."

Manif mengatakan bahwa pihaknya sebagai penyelenggara kampanye, sedang merencanakan untuk meluncurkan sebuah situs web dan akan memulai kampanye kepada para pengusaha untuk ikut turut ambil bagian dalam kampanye ini.

Salah satu bagian dari kampanye ini adalah melatih remaja Saudi untuk mempresentasikan negara mereka ketika pergi ke luar negeri, dan juga mengajarkan mereka bagaimana persoalan lokal yang dihadapi masyarakat mereka.(fq/aby)