Untuk Pertama Kalinya, Demokrat AS Lebih Memilih Palestina Daripada “Israel”

Eramuslim.com – Demokrat di AS lebih cenderung bersimpati kepada Palestina daripada “Israel” untuk pertama kalinya sejak 2001, ungkap sebuah jajak pendapat baru.

Pada jajak pendapat yang dirilis pada Kamis (16/3/2023) oleh Gallup, para pemilih Demokrat ditanya: “Dalam situasi Timur Tengah, Anda lebih bersimpati kepada orang Palestina atau orang “Israel”?” Sebagai tanggapan, 49 persen mengatakan bahwa mereka lebih bersimpati kepada Palestina dan 38 persen lebih bersimpati kepada “Israel”.

Ada peningkatan sebelas poin selama setahun terakhir dalam simpati terhadap Palestina dari mereka yang memilih Demokrat.

Sementara itu, simpati pemilih yang sama untuk orang “Israel” telah menurun selama lebih dari satu dekade, sejak titik tertinggi di 2014 ketika 58 persen bersimpati kepada orang “Israel” dan hanya 23 persen kepada orang Palestina.

Pergeseran ini adalah yang pertama sejak jajak pendapat dimulai 22 tahun lalu.

Kekerasan “Israel” terhadap warga Palestina telah meningkat sejak awal 2023, dengan sedikitnya 85 orang tewas, termasuk 16 anak-anak, oleh pasukan dan pemukim “Israel”, menjadikannya awal paling berdarah sejak 2000, menurut kementerian kesehatan Palestina.

Sementara itu, perdana menteri sayap kanan “Israel”, Benjamin Netanyahu, tampaknya telah memutuskan hubungan dengan banyak Demokrat di AS dengan secara terbuka bersekutu dengan Partai Republik pada umumnya dan mantan Presiden Donald Trump pada khususnya.

“Israel” saat ini sedang mengalami krisis politik yang mengadu domba pemerintah sayap kanan Netanyahu dengan masyarakat sipil, akademisi, dan elit bisnis negara itu, serta mantan menteri pemerintah dan tokoh militer.

Perdana menteri juga memelopori rencana kontroversial untuk merombak sistem peradilan “Israel”, sebuah langkah yang telah memunculkan protes massa selama beberapa pekan di seluruh negeri.

Simpati terhadap Palestina juga mencapai puncak baru di antara politik independen, dengan 32 persen bersimpati dengan Palestina, menurut jajak pendapat tersebut.

Namun, lebih banyak orang independen masih condong ke “Israel”, dengan 49 persen menunjukkan simpati.

Sementara itu, dukungan untuk “Israel” di kalangan Republik sebagian besar tetap tidak berubah, dengan 78 persen menunjukkan simpati terhadap “Israel” dibandingkan dengan hanya 11 persen yang mendukung Palestina.

Jajak pendapat baru Gallup menemukan bahwa, secara keseluruhan, “simpati terhadap orang Palestina di kalangan orang dewasa AS berada pada tingkat tertinggi baru sebesar 31%”.

Selama beberapa dekade, dukungan untuk “Israel” sebagian besar merupakan urusan bipartisan di Washington. Tetapi polarisasi politik Amerika dan “Israel” telah menghasilkan garis pemisah yang lebih tajam yang muncul atas konflik “Israel”-Palestina.

Terlepas dari meningkatnya kemauan di antara mereka yang memilih Demokrat untuk mengkritik “Israel”, Presiden AS Biden terus melanjutkan dukungan pendahulunya yang hampir tidak perlu dipertanyakan lagi untuk pemerintah “Israel”.

Awal bulan ini AS mengutuk komentar yang dibuat oleh menteri keuangan “Israel” ketika dia menyerukan desa Palestina, Hawara untuk dimusnahkan, dan mengatakan pernyataan itu “menjijikkan dan tidak bertanggung jawab”.

Namun, penolakan seperti itu tidak sering terjadi.

Menurut Gallup, perubahan paling penting dalam opini publik tentang masalah konflik “Israel”-Palestina telah terjadi dalam lima tahun terakhir, karena dukungan untuk Palestina telah meningkat dan dukungan untuk “Israel” – serta ambivalensi tentang konflik – telah terjadi.

[sumber: arrahmah]

Beri Komentar