USA Dukung Israel, Karena Israel Diserang Teroris Hamas

Duta besar Israel di Amerika Serikat Michael Oren mengatakan Washington memberikan negaranya lampu hijau untuk meluncurkan operasi saat ini di Jalur Gaza.

Menurut sebuah laporan di The Daily News New York bahwa Oren pada hari Jumat mengatakan kepada media AS bahwa “Amerika Serikat telah memberikan dukungan penuh untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi warga negara kita dari terorisme (Gerakan Perlawanan Islam) Hamas.”  Oren menunjukkan bahwa negaranya mendapat “dukungan dan tidak ambigu dari Amerika Serikat,” kemudian menambahkan bahwa dukungan ini berasal dari kongres di Gedung Putih di mana Israel memenangkan persetujuan dari semua pihak.

Sementara itu, Danny Ayalon, Wakil Menteri Luar Negeri Israel bahwa Amerika Serikat mendukung tindakan Israel, dan berkata “di Amerika Serikat tidak ada masalah, tapi .. masalahnya selalu ada tekanan dari Liga Arab.” Menurut dilaporkan surat kabar Israel Yedioth Ahronoth di situsnya.

Sebelumnya Presiden AS Barack Obama menegaskan bahwa Israel memiliki hak untuk membela diri, begitu juga kata Asisten penasehat keamanan nasional AS Ben Rhodes, “Kami percaya bahwa penembakan roket dari Gaza adalah faktor bunuh diri dari konflik,” dan menambahkan, “Kami menganggap bahwa Israel memiliki hak untuk membela diri  dan berhak membuat keputusan sendiri.” (zae)