free hit counters
 

Warga Finlandia Malah Dukung Aksi Brutal Israel Terhadap Mavi Marmara

Al Furqan – Jumat, 11 Juni 2010 12:44 WIB

Berbeda dengan demonstrasi yang biasa terjadi di negara Eropa terkait aksi brutal militer Israel terhadap aktivis kemanusiaan di kapal Mavi Marmara – yang umumnya mengutuk serangan Israel tersebut – di Finlandia hal itu malah sebaliknya.

Ribuan orang di Helsinki melakukan demonstrasi terkait aksi brutal pasukan komando Israel yang menyerang armada kebebasan. Namun, seperti yang disampaikan oleh duta besar Israel untuk Finlandia, "Para demonstran datang ke sini untuk mengatakan Israel berhak mempertahankan diri.

Sementara banyak bendera Israel dibakar di banyak ibukota Eropa, ribuan orang yang ambil bagian dalam demonstrasi pro-Israel di Helsinki pada hari Kamis kemarin (10/6), malah mengibar-ngibarkan bendera Israel.

Jalan-jalan Ibukota Finlandia dipenuhi dengan bendera-bendera Israel dan Finlandia sewaktu para demonstran berbaris menuju pelabuhan dan menyanyikan slogan-slogan yang mendukung tentara IDF dan mereka juga membawa spanduk yang memprotes apa yang mereka klaim sebagai liputan media bias atas serangan armada kebebasan.

Para demonstran juga menyanyikan lagu "Hevenu Shalom Aleichem (Kami Mewujudkan Perdamaian Setelah Anda)".

Itzik Moyal, warga Israel yang tinggal di Helsinki, memperkirakan lebih dari 2.000 orang ikut ambil bagian dalam demonstrasi pro-Israel ini.

"Sebagian besar dari mereka bahkan bukan Yahudi, mereka datang ke sini setelah adanya seruan dariorganisasi Kristen pro-Israel, yang mengkoordinasikan acara itu dengan komunitas Yahud setempati," katanya kepada Ynet.

"Melihat dukungan ini membawa banyak sukacita bagi kami," kata Moyal.



Masyarakat Yahudi di Finlandia berkisar 1.500 orang dan 200 di antara mereka adalah orang Israel.

Duta Besar Israel untuk Finlandia Granot Avi, yang juga ikut ambil bagian dalam demo itu, mengatakan bahwa para demonstran datang ke sini untuk mengatakan bahwa mereka percaya Israel dan Israel berhak untuk melindungi diri dari musuh-musuhnya.

"Melihat semua bendera Israel melambai dan ribuan orang berbaris melakukan demo pro-Israel membuat hati saya sangat bahagia," katanya.

Finlandia sangat terkenal dengan produk telepon seluler bermerk Nokia, hampir seluruh orang di dunia mengenal hape Nokia. Dan beberapa waktu lalu produk ponsel Finlandia Nokia ini mendapat penghargaan Jubilee Award dari pemerintah zionis Israel atas jasa besarnya memberikan sumbangan dana kepada negara zionis Israel.(fq/ynet)

Dunia Islam Terbaru