Warga Prancis Gelar Demo Anti Israel

Ratusan warga Prancis turun ke jalan-jalan di kota Paris untuk memprotes serangan mematikan Israel terhadap armada Kebebasan yang membawa bantuan kemanusiaan untuk rakyat Gaza yang di blokade Israel.

Demonstrasi utama di Prancis diadakan di dekat kedutaan Israel di kota Paris hari Senin kemarin.  Aksi demo yang lebih besar direncanakan akan dilakukan pada akhir pekan ini.

Para demonstran melambai-lambaikan bendera Palestina, meneriakkan slogan anti-Israel, dan menyatakan dukungan mereka untuk gerakan perlawanan Islam Hamas, AFP melaporkan.

Para pengunjuk rasa berteriak: "Palestina akan tetap bertahan hidup, Palestina akan mengalahkan Israel."

Beberapa dari pengunjuk rasa sempat bentrok dengan polisi Prancis yang ditugaskan untuk melindungi kedutaan Israel.

Demonstrasi anti-Israel juga diadakan di Lille di wilayah utara, Strasbourg di timur, dan bagian lainnya dari negara Prancis.

Tel Aviv menghadapi gelombang kecaman internasional dan kutukan atas serangan militer mereka terhadap enam kapal yang mengakibatkan sekitar 20 orang aktivis perdamaian wafat dan melukai 50 orang lainnya.

Pasukan Israel menyerbu armada Kebebasan, yang membawa bantuan kemanusiaan ke kantong pantai, di perairan internasional di Laut Mediterania pada Senin pagi kemarin (31/5).(fq/prtv)