Warga Turki Sambut Meriah Kedatangan Kapal Mavi Marmara

Ribuan aktivis berkumpul di pelabuhan Istanbul untuk menyambut kembali kedatangan kapal yang pernah menjadi ajangpertumpahan darah selama serangan brutal Israel terhadap konvoi armada bantuan ke Gaza pada bulan Mei lalu.

Kapal Mavi Marmara, menjadi target serangan brutal pasukan komando Israel pada tanggal 31 Mei di perairan internasional, di mana kapal itu sendiri sendiri sambil membawa bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Kapal Mavi Marmara merapat di pelabuhan Sarayburnu Istanbul pada hari Ahad kemarin (26/12).

Kerumunan orang yang kebanyakan anggota kelompok-kelompok pro-Islam dan Palestina melambai-lambaikan bendera Palestina dan Turki dan meneriakkan "Allahu Akbar!" serta meneriakkan "Down with Israel", di pelabuhan Sarayburu Istanbul.

Beberapa aktivis menaiki perahu-perahu kecil untuk menyambut datangnya kapal tersebut, yang dihiasi dengan poster dari sembilan aktivis Turki yang syahid selama serangan brutal pasukan Israel.

Ratusan balon juga diterbangkan ke udara pada saat kapal Mavi Marmara, berlayar merapat ke pelabuhan Sarayburnu Istanbul.

Upacara penyambutan diadakan oleh Yayasan Hak Asasi Manusia dan Kebebasan dan Bantuan Kemanusiaan (IHH) untuk kapal Mavi Marmara di pelabuhan.

Banyak orang di seluruh Turki, termasuk para aktivis perdamaian dari 50 negara dan perwakilan dari organisasi non-pemerintah menghadiri upacara penyambutan tersebut.

Kapal Mavi Marmara berlayar dari Turki untuk membawa bantuan kemanusiaan kepada masyarakat di Gaza pada tanggal 22 Mei 2010 lalu.

Pada tanggal 31 Mei, tentara Israel menyerang kapal Mavi Marmara di perairan internasional. Sembilan aktivis tewas dan 54 lainnya mengalami luka-luka oleh serangan Israel tersebut.

Turki telah menuntut permintaan maaf dan kompensasi agar hubungan mereka dengan Israel bisa kembali normal.(fq/wb/jp)