free hit counters
 

Wasiat (Alm) Presiden Bosnia untuk Erdogan: “Kalian adalah keturunan Muhammad al Fatih, Maka jagalah”

Redaksi – Senin, 3 Safar 1439 H / 23 Oktober 2017 11:00 WIB

Eramuslim.com -Presiden pertama Bosnia Herzegovina, (alm) Alija Izetbegović berwasiat kepada Recep Tayyip Erdogan.

Pesan dan wasiat Izetbegovic kepada Erdogan sehari sebelum wafatnya: “Tayyip, kalian adalah keturunan Muhammad al Fatih, tanggung jawab negara ini ada di pundak kalian, maka jagalah!”

Wasiat terakhirnya saat itu ia sampaikan kepada Erdogan yang ketika itu baru menjabat sebagai Perdana Menteri Turki, tahun 2003.

Saat menjelang wafatnya dalam usia 78 tahun di kota Sarajevo, Erdogan datang menjenguk beliau. Saat itu Alija meminta kepada Erdogan untuk mempersiapkan perlindungan terhadap negara Bosnia-Herzegovina. Seolah tahu ajalnya tidak lama lagi, Alija mengucapkan wasiatnya “Saya mohon kepadamu untuk melindungi Bosnia. Sesungguhnya negara kami ini kecil, namun penduduknya orang yang baik-baik. Tayyip, kalian adalah keturunan Muhammad al Fatih, tanggung jawab negara ini ada di pundak kalian, maka jagalah!”

Wasiat Alija Izetbegović ini dituturkan Erdogan dalam satu kesempatan pidatonya.

Alija Izetbegovic

Alija Izetbegović (8 Agustus 1925 – 19 Oktober 2003), merupakan salah satu tokoh yang sangat dikagumi oleh Presiden Erdogan. Alija berasal dari sebuah keluarga Bosnia yang taat, dikenal dari silsilah keluarga Muslim sejak masa Ottoman (Bosnia dulu merupakan bagian wilayah Ottoman). Ia menjadi presiden pertama Bosnia Herzegovina tahun 1990. Kemudian menjabat sampai dengan tahun 1996, setelah itu ia menjadi anggota kepresidenan Bosnia Herzegovina sampai dengan tahun 2000. Ia juga menulis beberapa buku diantaranya yang sukses dipasaran adalah ‘Islam Between East and West’ dan ‘The Islamic Declaration’.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

loading...

Dunia Islam Terbaru

blog comments powered by Disqus