Yusuf Islam Merilis Album Baru

Yusuf Islam, penyanyi kawakan yang sebelumnya dikenal dengan nama Cat Steven, merilis alum barunya, ‘Roadsinger’, pada Jumat (8/5) kemarin.

Bob Dylan, yang pada pekan lalu merajai tangga lagu untuk pertama kalinya sejak 39 tahun terakhir, menghadapi tantangan "Top Ten" dari Yusuf Islam yang berhasil kembali menghiasi tangga lagu terbaik melalui karya terbarunya, Roadsinger (To Warm You Through The Night). Demikian dilansir oleh Times online.

Islam, yang pernah berhenti bermain musik dan menulis lagu selama 28 tahun, muncul kembali di blantika musik pada 2006 lalu dengan albumnya, ‘An Other Cup’

Yusuf Islam, nama yang disandangnya sejak 1977 saat ia memutuskan untuk masuk Islam, pernah melelang gitarnya dan mengabdikan dirinya sebagai pekerja amal kemanusian untuk dunia Islam. Misalnya dengan mendirikan sekolah dasar Islam di London pada 1981.

Pada umurnya yang ke 60, ia mendapatkan kehormatan menjadi bapak revolusi MP3–walaupun tanpa disadari.

Para kritikus mengatakan bahwa album baru Yusuf Islam mengombinasikan banyak hal antara dirinya sebagai Cat Steven dan Yusuf Islam. Namun, nuansa spiritual menjadi jiwa dan nafas yang selalu hadir dalam karya-karyanya.

Album baru tersebut menyatukan nuansa lirik Islam yang amat indah dengan iringan akustik yang begitu kaya dan efek orkestra, ujar para kritikus.

Album tersebut juga memberikan pandangan tentang proyek Yusuf Islam di masa mendatang, sebuah kerja muskial yang disebut Moonshadow.

Yusuf Islam telah kembali, berbicara tentang cintanya yang begitu besar: tentang kebaikan Allah, keluarga, dan yang terpenting adalah musiknya kini dapat kembali dinikmati sebagai karya agung sebuah seni Islam.(WB/L2)