free hit counters
 

Boikot Produk Israel Dari California

Saad Saefullah – Selasa, 11 Syawwal 1431 H / 21 September 2010 15:06 WIB

Anggota Sacramento Natural Foods Co-op di negara bagian California menyerukan untuk memboikot produk-produk yang berasal dari Israel, begitu Sacramento News & Review melaporkan. Di antara produk-produk ini adalah Matzo.

The Sacramento Boycott, Divestments, Sanctions Working Group-lah yang menyerukan pemboikotan. Menurut Sacramento News & Review, kelompok itu mengatakan boikot akan berakhir ketika blokade Israel di Gaza berhenti, Israel keluar Tepi Barat, dan memungkinkan pengungsi Palestina kembali memiliki tanahnya.

"Jika kita dapat berhenti menggunakan produk yang diujikan pada hewan, pasti kita juga dapat berhenti menggunakan produk yang melanggar hak asasi manusia," kata Maggie Coulter, anggota Co-op, pada pertemuan dewan Co-op (7/9).

Sebaliknya, penentang pemboikotan ini mempertanyakan legalitas aksi itu, yang akan menjauhkan pelanggan Yahudi dan menetapkan standar ganda untuk pelanggar hak asasi manusia lainnya, termasuk China dan negara-negara di Afrika dan Timur Tengah.

Saat ini sudah dibentuk sebuah komite kebijakan yang terdiri dari lima orang anggota. Mereka akan menyelidiki permintaan boikot itu untuk tiga bulan ke depan dan kemudian akan membuat rekomendasi kepada dewan Co-op.

Pada bulan Juli lalu, seruan yang sama di Washington berhasil. (sa/palestinenote)

Dunia Islam Terbaru