free hit counters
 

"Aksi" Erdogan di Forum G-20

Al Furqan – Minggu, 27 September 2009 09:07 WIB

Banyak hal yang patut dicontoh dari sosok seorang Recep Tayep Erdogan dalam kapasitasnya sebagai pemimpin negara, sebagai Perdana Menteri Turki. Selain sejumlah prestasi yang telah dikuirnya semasa dirinya menjabat sebagai PM dan memajukan Turki dalam pelbagai bidang secara signifikan, Erdogan juga adalah sosok yang sederhana, bersahaja, memperhatikan kesejahteraan rakyatnya, serta memiliki semangat patriotik dan nasionalisme yang tinggi.

Nasionalisme dan kecintaan Erdogan terhadap negeri yang dipimpinnya itu kembali ia tunjukkan di hadapan dunia baru-baru ini, yaitu pada forum negara-negara anggota G-20 yang beberapa hari lalu digelar di Boston, USA.

Saat sesi pemotretan, para pemimpin negara anggota G-20 maju ke panggung yang telah di sediakan. Di lantai panggung itu, ditempelkan bendera masing-masing negara, sebagai tempat para pemimpin negara yang bersangkutan itu berdiri.

Sesaat ketika pemimpin negara G-20 itu naik panggung, hampir semua sorot mata hadirin dan juga sorot kamera para wartawan tertuju pada pemimpin Turki, pada Erdogan. Erdogan tidak seperti para pemimpin negara lainnya yang langsung berdiri dan "memasang muka", melainkan membungkukkan badan, memungut bendera negaranya yang tertempel di lantai itu, lalu memasukkannya ke dalam saku.

Sontak saja, para wartawan pun tak ingin ketinggalan momen menarik itu. Mereka pun berebutan memotret dan men-shoot aksi Erdogan dengan kamera mereka. Tak sedikit dari mereka yang bertepuk tangan.

Aksi Erdogan kali ini bukanlah kali pertama. Pada pertemuan G-20 sebelumnya, Erdogan juga melakukan aksi serupa, begitu juga di beberapa forum internasional lainnya.

Wajar kiranya, jika dengan sikap-sikap patriotiknya itu, Erdogan menjadi pemimpin terpopuler Turki sepanjang sejarah modern negeri itu–pasca revolusi Kemal Ataturk.(fq/wb)

loading...

Dunia Islam Terbaru

blog comments powered by Disqus