free hit counters
 

Pakistan Sembunyikan Mullah Umar?

Al Furqan – Jumat, 11 Juni 2010 09:32 WIB

Seorang yang konon katanya mantan anggota senior kelompok Taliban mengatakan, bahwa pasukan keamanan Pakistan menyembunyikan buronan pemimpin Taliban, Mullah Umar di Karachi.

Mullah Abdul Salam Hanafi mengatakan kepada sebuah situs berita Afghanistan bahwa Mullah Umar sekarang ini berada di kota Karachi Pakistan. Hanafi adalah mantan gubernur Provinsi Urozgan di bawah rezim Taliban.

Perkembangan ini datang sewaktuAS dan sekutunya berniat untuk menghapus Mullah Umar dari daftar hitam dalam upaya untuk memberikan persemaian yang cocok untuk menyimpan kontak dengan Taliban.

Pejabat senior di Inggris telah menyebarkan gagasan untuk melakukan perdamaian dengan Taliban – kelompok yang dianggap seolah-olah salah satu tujuan utama invasi pimpinan Amerika ke Afghanistan pada tahun 2001.

Mullah Umar, pendiri Taliban Afganistan adalah kepala negara de facto pemerintahan daulah Islam Afghanistan dari tahun 1996 sampai 2001.

Dia menghilang dalam invasi AS tahun 2001 ke Afganistan. Pasukan AS sendiri belum berhasil menangkap Mullah Umar, atau pimpinan al-Qaidah Usamah bin Ladin setelah sembilan tahun berlalu.



Hanafi itu juga mengklaim bahwa tentara asing dan Taliban terlibat dalam permainan yang rumit di Afghanistan.

Dia mengatakan pasukan Inggris telah melatih pasukan Taliban dan Taliban dibayar setiap bulannya sebesar tiga ratus dolar.

Mantan pejabat Taliban ini mengatakan para anggota Taliban yang didukung oleh Inggris hidup bebas di provinsi Helmand dan tidak pernah menjadi sasaran serangan.

Dia menyatakan bahwa pasukan Inggris mengatakan kepadanya bahwa mereka berencana untuk tinggal di Afghanistan selama 40 tahun mendatang. (fq/prtv)

Dunia Islam Terbaru

blog comments powered by Disqus