free hit counters
 

Umat Islam di Seluruh Dunia Rayakan Idul Fitri

Al Furqan – Senin, 2 Syawwal 1430 H / 21 September 2009 09:30 WIB

Muslim di seluruh dunia menyambut akhir bulan panjang puasa dengan hari raya Idul Fitri untuk menandai akhir bulan Ramadhan.

Jutaan umat Islam dari seluruh dunia melakukan Shalat Ied di al-Masjid Al-Haram (Masjid Suci "di Mekkah dan Al-Masjid Al-Nabawi (Masjid Nabi) di Madinah, Arab Saudi.

Di Aljazair, khotbah Idul Fitri, diadakan di Masjid Agung, menyerukan untuk memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mewujudkan perdamaian, jamaah juga berdoa kepada Allah untuk meringankan penderitaan kemanusiaan di mana-mana, terutama bagi rakyat Palestina, Somalia dan Irak.

Jalan-jalan di ibukota Aljir, serta kota-kota Aljazair lainnya, terlihat suasana kegembiraan dan kenyamanan berkat kunjungan sosial yang biasanya terjadi dalam kesempatan ini.

Muslim di Malaysia merayakan akhir bulan Ramadhan dengan kunjungan ke makam dan makanan tradisional.

Di Irak, para jamaah berkumpul di pusat kota Baghdad dalam sebuah masjid untuk berbuka puasa.

Masyarakat Palestina merayakan Idul Fitri di Yerusalem, Gaza dan Tepi Barat di depan sebuah berita bahwa Presiden Obama akan menjadi tuan rumah perundingan Israel-Palestina pada hari Selasa besok.

Di Mesir umat Islam melaksanakan shola Ied di ibukota Kairo setelah akhir Ramadhan.

Dan umat Muslim di Yunani menandai akhir Ramadhan dengan merayakan sholat hari raya ‘Idul Fitri di tempat terbuka di Stadium Olympic di Kota Athena.

Umat Islam Swiss Jenewa shalat Ied di mesjid agung dan di semua pusat Islam di seluruh negeri. Ratusan Muslim mengikuti sholat Ied di negara sudut masjid dan doa.

Doa para pemimpin di seluruh negara terkonsentrasi pada pidato mereka agar tercipta persaudaraan dan solidaritas di kalangan umat Islam untuk saling mendukung bagi mereka yang menderita akibat dari konflik internal.

Di semua Islamic Center, sebuah kotak untuk tempat Zakat disediakan sehingga umat Islam dapat memberikan kontribusi sumbangan untuk umat islam yang membutuhkan di seluruh dunia. Swiss adalah tempat bagi lebih dari 350,000 umat Islam.

Muslim di Belgia merayakan Idul Fitri dengan menawarkan doa-doa khusus di masjid-masjid.

Islamic Center di Brussel – masjid terbesar di Belgia –  penuh sesak dengan para jamaah.

Dalam khutbah (khotbah), direktur Islamic Center Al-Yahya Dr.Abdulaziz menyerukan umat Islam untuk mematuhi ajaran-ajaran mulia Islam dan tidak disesatkan oleh materialistik dan propaganda ateistik.

Seperti hari Idul fitri menjadi hari bebas mobil di Brussels dan beberapa masjid melaksanakan sholat Idul Fitri yang akan diselenggarakan lebih awal dari biasanya Antara 9 dan 7 (waktu setempat), mobil dilarang di kota. Hanya pejalan kaki, pengendara sepeda, dan motor diperbolehkan untuk menggunakan jalan. Transportasi umum gratis untuk hari Idul Fitri

450,000 Muslim diperkirakan tinggal di Belgia yang memiliki jumlah penduduk sekitar 10 juta.

Di Kosovo para keluarga berdoa di makam keluarga mereka yang dibantai oleh pasukan Serbia pada bulan Januari 1999, selama hari raya idul Fitri.

Muslim Bosnia Idul Fitri dimulai dengan sholat Idul Fitri pada hari pertama.

Sementara itu, jalanan-jalanan di pasar Kashmir mengalami kemacetan menjelang Idul Fitri, yang Akan diadakan hari Senin atau Selasa.(fq/wb)

loading...

Dunia Islam Terbaru

blog comments powered by Disqus