free hit counters
 

Fakta! Daun Sirih Ampuh Obati Diabetes, Ini Cara Raciknya

zahid – Kamis, 10 Zulqa'dah 1441 H / 2 Juli 2020 13:30 WIB

Eramuslim – Kebanyakan orang mengenal daun sirih hanya sebagai daun yang sering dikunyah oleh orang-orang lanjut usia di daerah atau pedesaan. Padahal, lebih dari itu. Daun sirih ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Ya, jika direbus, air daun sirih dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Salah satunya dapat menurunkan risiko penyakit diabetes. Mitos atau fakta?

“Fakta. Tetapi sebenarnya pakai sirih hijau juga bisa, lebih kuat lagi pakai sirih merah kalau untuk efek menurunkan gula darah,” ujar Ahli Herbal, Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si., dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, Rabu 1 Juli 2020.

Lebih lanjut Inggrid menjelaskan, kalau untuk keluhan gula darah tinggi, gunakan daun sirih merah. Karena efek menurunkan gula darahnya lebih kuat.



Tapi, bukan berarti daun sirih hijau tidak bisa digunakan, hanya akan lebih baik jika menggunakan yang merah. Lalu, bagaimana cara membuat ramuan daun sirih untuk mengobati diabetes? 

“Bikinnya air kira-kira 200 ml. Kemudian cuci dan iris-iris sirih merahnya. Cukup satu daun karena airnya hanya 200 ml, ini untuk sekali minum. Kalau untuk ramuan penurun gula darah, rebusnya agak lama bisa setengah jam, supaya banyak zat aktifnya yang terlarut dalam air,” lanjut dia.

Sebagai perumpamaan, jika pada awalnya menggunakan 200 ml air, maka direbus hingga hanya tersisa 100 ml, dengan menggunakan api kecil atau sedang. Setelah direbus, airnya bisa diminum. Dan, bahan yang digunakan hanya daun sirih saja tanpa campuran bahan lain.

“Kalau untuk orang diabetes saya sarankan jangan pakai gula atau madu. Tapi kalau mau, bisa pakai stevia. Itu dia salah satu herbal pemanis tapi low glikemik atau low kalori,” kata Inggrid. (viva)

Berita Terbaru