Federasi Bola Basket Internasional “FIBA” Izinkan Atlet Wanita Kenakan Jilbab

Qatari players wearing Islamic sportswear especially designed for women sit on the bench during their 2011 Arab Games basketball match against Lebanon in Doha on December 19, 2011. AFP PHOTO/MARWAN NAAMANI (Photo credit should read MARWAN NAAMANI/AFP/Getty Images)

Eramuslim – Federasi Bola Basket Internasional “FIBA” membolehkan penggunaan jilbab selama pertandingan. Pengumuman ini disampaikan FIBA di sela-sela pertemuan di Hong Kong pada hari Kamis (4/05) kemarin.

“Biro Pusat menyetujui proposal yang diajukan oleh Komite Teknis yang memungkinkan pemain wanita untuk mengenakan jilbab,” ujar Federasi seperti dilansir  Agence France Presse (AFP).

Keputusan ini baru bisa dilaksanakan pada awal bulan Oktober mendatang setelah setelah ratifikasi Majelis Umum pada hari Jumat (5/05).

Perlu diketahui bahwa Tim bola basket wanita Qatar dipaksa keluar dari Asian Games tahun 2014 karena tidak diizinkan untuk memakai jilbab atau benda lainnya yang menutupi kepala dengan alasan keamanan.

Akan tetapi setelah kejadian tersebut FIBA melakukan proses review yang dimulai pada bulan September 2014, dan baru akan diperbolehkan untuk dipakai 5 bulan kedepan. (Skynewsarabia/Ram)