Viral! Foto Ini Jadi Simbol Intifadah III Pembebasan Al-Quds

Eramuslim – Sebuah foto remaja Palestina yang ditangkap puluhan tentara Zionis Israel baru-baru ini menjadi viral di internet. Pemuda 16 tahun asal kota Hebron ditangkap dan dikawal oleh 23 orang tentara bersenjata lengkap. Tangannya diikat dan matanya ditutup.

Remaja yang diketahui bernama Fawzi Muhammad Al-Juneidi ditahan tentara Yahudi saat mengikuti aksi unjuk rasa menentang pengumuman Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terkait pengakuan status Al Quds.

Al-Juneidi adalah satu dari ribuan orang Palestina yang melakukan demonstrasi yang serentak berlangsung di Tepi Barat, Gaza dan Yerusalem Timur.

Website Yeni Safak melaporkan bahwa foto Al-Juneidi diambil oleh seorang jurnalis Palestina, Wisam Hashlamoun. Foto iitu diberi judul Third Intifada atau intifada ketiga yang berarti “melepaskan diri.” Arti judul itu mengacu pada usaha Palestina untuk melepaskan diri dari jajahan Zionis Israel dan mendapatkan kemerdekaan.

“Sekira 50 tentara Israel dengan kejam menyerang kaum muda Palestina selama bentrokan berlangsung. Tidak masalah jika Anda seorang jurnalis mereka akan mengabaikan Anda. Tapi mereka menyerang semua orang (warga Palestina) dengan kejam. Sebelum aku mengambil gambar ini, anak itu jatuh tersungkur ke tanah dan melukai kepalanya sendiri. Para tentara lalu menariknya berdiri dan mengepungnya,” jelas Hashlamoun.