free hit counters
 

Baru 2 Tahun Menjabat, Utang Jokowi Hampir 4 Kali Lipat Utang Suharto Yang Berkuasa 32 Tahun!

Redaksi – Jumat, 23 Desember 2016 12:30 WIB

Eramuslim.com – Dalam skala individu, hutang sangatlah menyakitkan dan memiliki andil besar dalam memengaruhi tingkat kenyamanan hidup pribadi, berkeluarga, bahkan bermasyarakat.

Di tingkat negara, hutang tak jauh beda maknanya. Meski berdalih hutang untuk pembangunan, sistem bunga dalam hutang adalah bom waktu yang sangat menyakitkan dan berdaya hancur tinggi.

Indonesia negara yang kaya. Tapi seakan tak berdaya dalam membiayai kehidupan berbangsa dan bernegara. Hutang seperti keharusan, padahal hanya dengan menancapkan batang kayu, tanah Indonesia mampu menghasilkan makanan.

Hanya dengan menebar jala dan jaring di sungai dan laut negeri ini, aneka jenis ikan dalam berbagai ukurannya terjaring dan siap disajikan di meja makan dengan sedikit olahan.



Baru-baru ini, sebuah harian Nasional merilis sebuah gambar yang menunjukkan jumlah hutang Negara dari Presiden Soekarno sampai Jokowi.

utang-jokowi

Terlihat jelas, siapa yang paling banyak berhutang. Dari negara mana hutang itu didapatkan.

Inilah kado pahit untuk anak negeri ini. Akankah warga Indonesia bak tikus yang mati mengenaskan di lumbung padi? (hk/tbw)

Foto Terbaru