free hit counters
 

Jalan-Jalan Ramadhan: Melihat Keindahan Masjid-Masjid di Rusia (Bag.I)

zahid – Jumat, 9 Juni 2017 17:00 WIB

Eramuslim – Dikenal sebagai negara dengan keindahan gereja dan katedralnya, Rusia juga menyimpan bangunan ibadah menarik milik umat-umat agama lainnya, khususnya umat Islam yang berjumlah sekitar 20 juta jiwa.

Dan kali ini Eramuslim akan membahas 6 masjid indah yang ada diseluruh wilayah Federal Rusia. Berikut ulasannya untuk Anda:

Masjid Akhmad Kadyrov

Terletak di ibukota Chechnya, Grozny, masjid ini menggunakan nama Akhmad Kadyrov, yaitu mendiang Presiden dan tokoh spiritual Chechen yang terbunuh pada tahun 2004, dan merupakan ayah dari presiden Chechnya saat ini, Ramzan Kadyrov yang meresmikan Masjid ini pada tanggal 17 Oktober 2008.

Masjid Akhmad Kadyrov dibangun dengan kapasitas 10 ribu jemaah di atas lahan seluas 14 hektare, lengkap dengan taman yang menjadikannya sebagai salah satu masjid terbesar di Eropa. Masjid Nasional Chechen ini juga dikenal sebagai “The Heart of Chechnya”.

Sebelum diresmikan pada hari Jumat 17 Oktober 9 tahun silam, masjid ini dinamai dan disebut sebagai Grozny Central Dome Mosque atau Grozny Central Mosque. Sampai ahirnya dinamai Masjid Akhmad Kadyrov.

Mulai dibangun pada tahun 2006 dan selesai pada tahun 2008, Masjid Akhmad Kadyrov menghabiskan dana sekitar US$20 juta dolar, dilengkapi dengan Islamic Center, Badan Urusan Agama Islam, Institut Agama Islam, Gedung Madrasah, Perpustakaan, hotel, hingga dormitory (asrama) bagi mahasiswa.

 

Masjid Adam Delimkhanov

Nama masjid ini diambil dari seorang tokoh politik rezim Ramzan Kadyrov yang kini menjabat sebagai Presiden Checnya. Adalah Adam Delimkhanov yang telah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Checnya sejak tahun 2006 lalu. (Sputnikarabic/Ram)

loading...

Foto Terbaru

blog comments powered by Disqus