free hit counters
 

Gemar Makan Daging Babi, Otak Pria China Dipenuhi Cacing Pita

zahid – Jumat, 4 Desember 2020 13:30 WIB

Eramuslim – Seorang pria asal China, Zhu Zhong-fa (43), pergi ke dokter dengan keluhan sakit kepala yang tidak berhenti selama satu bulan. Ia sangat terkejut ketika dokter mengatakan bahwa kepalanya telah dipenuhi oleh ratusan cacing pita hidup.

Dilansir News 18, Chu mengunjungi rumah sakit First Affiliated Hospital of College Medicine di Zhejiang University. Dokter yang merawatnya sempat kesulitan menemukan penyebab penyakitnya. Ia lantas memutuskan untuk memindai kepala Zhu dengan MRI.

Dokter sangat terkejut ketika melihat otak pasien tersebut telah menderita kerusakan parah. Kerusakan tersebut diakibatkan oleh ratusan cacing pita atau disebut sebagai neurocysticercosis.

Akhirnya, Zhu mendapatkan pengawasan ketat oleh dr. Wang Jian-rong yang merupakan ahli penyakit menular. dr. Wang juga mengungkapkan bahwa telah ditemukan cacing pita di organ-organ tubuh lain milik Zhu.



Dokter kemudian berusaha mencari sumber infeksi cacing pita pada tubuh Zhu. Salah satu kemungkinan terkuat adalah bahwa Zhu pernah memakan daging babi yang tidak dimasak hingga matang.

Zhu akhirnya mengaku bahwa satu bulan sebelumnya ia sempat memakan hot pot atau rebusan daging babi. Ia tidak dapat memastikan apakah daging babi tersebut telah benar-benar matang sebelum ia konsumsi secara lahap.

Hal ini memberikan petunjuk kuat bagi tim dokter. Pasalnya, telur cacing pita biasanya terdapat pada kotoran hewan yang terinfeksi. Ukurannya yang sangat kecil membuat orang secara tidak sadar menelannya ketika memakan daging babi yang sudah terinfeksi.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Terbaru