Eramuslim Joglosemar : Merubah Lantai 1 jadi Lantai 2

Assalaamu’alaikum wrwb

Netters eramuslim yang saya hormati, kali ini saya dalam kereta api menuju Jakarta. Selamat tinggal kota Solo. Selamat tinggal teman-teman di seputaran Joglosemar. Joja – Solo dan semarang. Semoga Allah memberikan kita umur untuk dapat berjumpa lagi.

Pulang kembali ke rumah membawa tugas baru. Karena saya sedang merenovasi rumah Kakak- nya Pak Arif. Partner kami di eramuslim joglosemar. Nah, materi renovasi inilah yang akan saya bagikan ke netters sekalian.

Rumah ini sebenarnya 1 lantai. Namun seperti masalah klasik pada umumnya, kebutuhan ruang yang bertambah dan keinginan pemiliknya untuk tetap mempertahankan lahan hijau yang ada , membuat rumah ini harus direnovasi ke atas.

Denah lantai satu tak banyak berubah. Hanya kamar tidur belakang saja yang baru. Serta dapur dan ruang makan yang menghadap ke taman belakang. Untuk pembongkaran hanya ruang tidur depan saja yang saya rubah menjadi garasi.

Untuk lantai 2 nya saya sesuaikan dengan pola lantai satu. Hingga tangga harus saya letakkan di sisi kanan. Karena atap lama sisi kiri tidak dibongkar, maka kita dapat meletakkan void yang cuckup lapang di areal sisi kiri ini.

Untuk atap kanan yang memang dibuat baru saya letakkan ruang cuci jemur. Berikut dengan segenap keperluan service area lainnya. Hingga saya bebas berkreasi di bagian ini. Karena memang pekerjaan baru yang hanya disambung ke atap lama.

Struktur utama tampak muka sebenarnya tidak saya rubah. Karena atap balkon depan sebenarnya adalah atap lama bangunan yang memang tinggi. Jadi hanya atap ruang pelayan di kanan saja yang benar-benar baru.

Model kolonial tropis menjadi pilihan dari pemiliknya. Mereka tidak ingin rumah yang terlalu berkesan minimalis. Buat saya sebagai arsitek hal ini tidak menjadi masalah. Saya tidak mau membatasi selera pemilik. Justru kepuasan saya adalah mewujudkan rumah sesuai dengan selera pemilik.

Nampak dari sisi samping pola atap lama yang terintegrasi dengan atap baru secara baik dan benar. Atap transparan juga menjadi mudah diletakkan. Pola pembuangan air menjadi mudah dan aman. Serta akses cahaya matahari yang baik menjadi kekuatan disain ini.

Tangki air juga menjadi mudah untuk diletakkan dan dirawat. Bahkan posisinya yang agak ke belakang membuatnya tidak nampak dari arah jalan utama. Karena terhalang atap pelana yang menjulang tinggi.

Gambar terakhir adalah sisi belakang bangunan. Dengan bentuk 3 dimensi ini akan sangat terasa bahwa pemilik rumah sangat ingin mempertahankan area hijau yang ada. Tetap segar asri walaupun berada di kota besar yang padat.

Demikian ulasan singkat kami kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Akhirul kalam, semoga netters eramuslim sekalian tansah pikantuk pitedah saha pengayoman saking Allah.

Semoga teman-teman semua semua selalu mendapat petunjuk dan perlidungan dari Allah. Amin, ya robbal ‘alamin.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Erammuslim Jakarta : Andan Nadriasta, ST – 0817 496 5742

Eramuslim Joglosemar : Arif Hidayat, ST – 0857 250 13518