Sistem Islam Hanya Berlaku Di Masyarakat Islam

Ini adalah bagian kedua dari wawancara dengan dua pemikir Muslim terkemuka Amerika Utara, yaitu Presiden Institut Pemikiran Islam Kontemporer Mohammed al-Asi dan Editor Majalah Bulan Sabit Zafar Bangash. Al Asi dan Bangash, rutin mengunjungi ratusan ribu Muslim di Amerika Serikat dan Kanada selama bertahun-tahun. Keduanya aktif bekerja untuk Gerakan Islam.

Al Asi dan Bangash percaya bahwa umat Islam harus menciptakan bahasa baru dengan kembali ke sumber aslinya, dan "memilih keluar dari sistem yang ada", jika Gerakan-Gerakan Islam tidak bisa menaikkan suara mereka dalam platform politik. Berikut petikan wawancaranya;

Hidup dalam masyarakat Barat dan berbicara dengan bahasa Barat bagaimana melakukannya?

Itu adalah pertanyaan yang sangat menarik. Karena, menjelaskan Islam kepada non-Muslim membutuhkan dua hal: Pertama-tama, mensyaratkan bahwa bahasa yang digunakan harus terbebas dari idiom, atau stereotip, atau konotasi yang dimuat dalam non-Quran, non-Arab, bahasa non-Islam yang telah digunakan.

Dalam hal ini kita berbicara tentang bahasa Inggris. Jadi seseorang yang akan membekali dirinya sendiri untuk menjelaskan Islam kepada orang-orang yang bukan Muslim harus berhati-hati dengan pilihan kata-kata mereka untuk menyampaikan makna Al-Quran dan Islam yang asli kepada target audiens. Itu adalah hal pertama yang harus dilakukan.

Hal kedua yang harus dilakukan adalah, harus ada upaya tulus untuk mencitapkan terminologi baru. Itulah salah satu bagian dari itu. Bagian kedua adalah mencoba untuk menjelaskan kata-kata Islam ke dalam bahasa target, dalam hal ini bahasa Inggris. Akhuna Zafar menyebut kata "taqwa".

Maksudnya bagaimana, ya?

"Taqwa" adalah salah satu dari kata-kata yang baik yang harus kita konversi menjadi kata baru dalam bahasa Inggris, yang mungkin menjadi rumit, atau kita hanya akan menggunakan kata itu sendirian saja. Kita yang menjelaskan, kita yang mengatur panggung, maka kita pula yang harus mulai menggunakannya. Kemudian kita melakukan ini dengan kata-kata kunci lainnya dalam terminologi yang kita bicarakan.

Allah bisa mengungkapkan Quran di depan kita sekarang sebagai satu buku pada satu waktu. Lalu mungkin sudah ada lingkaran studi, mungkin sudah ada universitas, mungkin ada intelektualisme yang terjadi di bawah pengawasan Nabi untuk meluncurkan sebuah realitas Islam. Tapi itu tidak pernah terjadi seperti itu.

Ayat (ayat) Al-Quran turun berurusan dengan kondisi manusia yang nyata. Dan bahwa kondisi manusia diperbaiki atau dipecahkan atau disesuaikan atau apa pun kasus itu, mereka pindah ke tingkat lain, dengan langkah lain. Dengan masalah baru, dan mereka memecahkan masalah itu. Mereka secara bertahap melakukan ini selama 23 tahun dengan pengawasan kitab suci.

Jadi kita sama sekali tidak memiliki intelektualisme sekarang ini karena gerakan (Islam) kita hampir lumpuh. Kita memang memiliki ulama, sebagian menyebut diri mereka sendiri sebagai ‘alim’, yang lain menyebut diri mereka ‘fukaha’, seterusnya, dan seterusnya.

Ada banyak isu, isu ekonomi, isu-isu politik, isu-isu militer, masalah keuangan, dll., dll. Apa yang mereka inginkan ada di sini, mereka ingin mengatakan “oke, kita memiliki masalah kemiskinan. Bagaimana Islam memecahkan masalah kemiskinan di dunia ini? " Masalah kemiskinan yang dibuat oleh sistem non-Islam.

Anda ingin mengekstrak solusi Islam untuk masalah kapitalis? Itu tidak akan berhasil. Jawaban Islam hanya datang pada masyarakat Islam. Jadi mari kita kembalikan kerangka masyarakat dan meminta jawaban-jawaban Islam untuk masyarakat Islam baru yang sedang kita bangun.

Dalam konteks ini kita memiliki pemikiran Islam sebagai kerja. Bukan menara gading intelektualisme bahwa kebanyakan umat Islam baru bisa terpengaruh atau terinfeksi oleh hal itu. Ini adalah patogen. Kita turun ke lapangan, kepada masyarakat, dimana Islam diterapkan.

Menurut Anda, bagaimana dengan keberadaan masyarakat Muslim di Barat?

Bangash: Saya pikir hal pertama yang perlu kita perhatikan adalah bahwa keberadaan Muslim di masyarakat Barat tidak memiliki sejarah. Pada kenyataannya, umat Islam yang hidup di Barat hanya mencerminkan pergeseran kita yang semakin menjauh dari nilai-nilai Islam dan prinsip-prinsip Islam.

Lihatlah sejarah Islam: Ketika Muslim pergi ke negeri lain, itu karena dua alasan: Entah untuk melawan mereka atau terlibat perdagangan dengan mereka. Tentu saja ada aspek ketiga, yaitu untuk menyampaikan pesan Islam. Tapi tidak pernah hidup sebagai subjek yang tunduk kepada Barat. Saya pikir tidak ada preseden sejarah ini bagi umat Islam.

Sekarang, mungkin 50, 60, atau 100 tahun, Anda melihat sejumlah besar Muslim bermigrasi ke lingkungan masyarakat non-muslim untuk hidup sebagai subyek dari masyarakat, karena masyarakat mereka sendiri, masyarakat Islam, masyarakat Muslim telah begitu lemah, begitu rusak, begitu tercemar , hampir mustahil untuk hidup dalam keberadaan yang normal di sana.

Dan Muslim yang ada di sana, tentu saja keberadaan mereka karena alasan ekonomi. Tapi saya berpikir bahwa ada juga kesempatan dalam hal ini. Karena saya telah menemukan bahwa, umat Islam yang hidup dalam masyarakat mayoritas Muslim, apakah itu Turki atau Pakistan atau Iran, mereka mengambil banyak hal untuk diberikan.

Karena mereka sudah hidup dalam masyarakat yang umumnya Islam, setidaknya ada budaya Islam sekitar. Nah, kita tidak memilikinya di sana. Dan pemikiran Muslim sangat cepat menjadi hati nurani ini, dan ia mulai merasa mengancam nilai-nilai-Nya serta masa depan anak-anaknya.

Saya tahu pasti, setiap orangtua, setidaknya setiap orangtua nurani muslim, sangat prihatin tentang masa depan anak-anak mereka. Tapi sayangnya dalam kebanyakan kasus, mereka hanya berpikir bahwa Islam berarti mengirim putra atau putri Anda ke masjid atau madrasah atau pusat Islam di mana mereka dapat membaca Al Qur’an tanpa mengetahui arti dari sebuah kata itu.

Dan ketika anak-anak mereka selesai membaca Alquran, mereka menyelenggarakan pesta besar, mereka sangat bahagia bisa menyampaikan Islam kepada anak-anak mereka. Selain itu, mereka memiliki konsepsi yang sangat sedikit tentang Islam.

Aspek lain adalah bahwa, hari ini kita harus mengakui bahwa bahasa Inggris telah menjadi bahasa universal, itu adalah bahasa universal. Pada masa lalu, lima atau enam ratus tahun yang lalu bahasa Arab yang menjadi bahasa universal, hari ini tidak.

Sekarang ini banyak sekali gerakan Islam, namun begitu banyak masalah. Apa tanggapa Anda akan hal ini?

Mereka (aktivis gerakan Islam) sering kali mengatakan, ‘oh, kita hanya berpartisipasi dalam pemilu dan jika orang ingin melihat Islam mereka akan memilih kita. " Orang memiliki jawaban sederhana untuk itu. Mereka melihat situasi itu dan mereka berkata:"Kami menderita kemiskinan, ada korupsi di birokrasi, kita memiliki semua masalah. Apakah partai Islam atau partai sekuler yang mampu memecahkannya?”

Mereka tahu birokrasi sekuler, seluruh sistem sekuler, jadi mengapa mereka harus memilih partai Islam? Mereka tidak tahu siapa pun dalam birokrasi untuk memecahkan masalah mereka. Mereka tidak tahu di kepolisian ada siapa untuk mengeluarkan anak-anak mereka yang dimasukkan ke dalam penjara tanpa alasan yang kuat. Mereka tidak tahu siapa di peradilan yang membisikkan telinga hakim. Siapa yang bisa melakukannya? Elit sekuler, karena mereka semuanya saling terhubung. Jadi mereka terus bersuara untuk partai-partai sekuler.

Saya sering mengatakan pada saudara-saudara saya di Jemaat-i Islami di Pakistan, "lihat, jika kalian memilih keluar dari sistem ini, maka kalian akan menjauhinya; ada begitu banyak kekacauan di sana, dan orang pada akhirnya akan datang kepada Anda. Mereka akan melihat Islam sebagai satu-satunya jawaban. "

Setiap kali ada kekacauan di Pakistan, baik kelompok militer, penjahat, politisi sipil, semuanya korup. Saya memberitahu mereka tentang situasi rakyat Pakistan itu seperti tikus: Mereka mengatakan, ‘ini kucing hitam yang mengerikan bagi kita dan terus memakan kita, sekarang kita akan memilih kucing putih. " Kucing adalah kucing.

Jika Anda tikus, kucing itu akan memakan Anda. Jadi tidak ada titik pemilihan kucing hitam atau kucing putih. Apa yang perlu Anda lakukan adalah menyingkirkan kucing-kucing dan tikus, dan mengambil alih kontrol terhadap masyarakat.

Lantas, bagaimana dengan revolusi seperti yang terjadi beberapa waktu lalu?

Bangash: Oke. Ini bisa menjadi sebuah revolusi jika sistem tidak memungkinkan perubahan, perubahan damai, kemudian pasti, mengapa tidak? Tapi lihatlah contoh Nabi (SAW), apa yang beliau lakukan? Beliau membawa revolusi, tetapi sistem di Mekkah menolak untuk menerima perubahan, dan Nabi memilih keluar dari itu, beliau pergi ke tempat lain, mendirikan basis dan beliau datang kembali dan berurusan dengan mereka. Jadi apa yang salah dengan itu? Lihatlah Mesir. Sistemnya di ambang kehancuran. Tapi sama sekali tidak ada ruang bagi aktivis Islam dalam sistem itu. Tidak ada apapun. Jadi apa yang harus kita lakukan?

Saya pribadi percaya bahwa satu-satunya pilihan bagi gerakan Islam adalah revolusi. Anda tahu, Muslim sering dituduh tidak toleran. Tapi saya pikir barat dan agen-agennya adalah orang yang paling tidak toleran di dunia. (sa/wb)