Hamid Karzai: AS Sudah Kalah di Afghanistan Sejak Mulai “War on Terror”

Eramuslim.com – Amerika Serikat telah kalah perang di Afghanistan.

Hamid Karzai: AS Sudah Kalah di Afghanistan Sejak Mulai

Kekalahan itu terjadi bukan ketika Amerika Serikat memutuskan untuk menarik mundur pasukannya dan membuka pintu bagi kelompok militan Taliban untuk mendapatkan kembali kekuasaan, melainkan terjadi sudah bertahun-tahun yang lalu, tepatnya ketika Amerika Serikat mulai mengebom rumah-rumah di Afghanistan atas nama “war on terror”.

Begitu kata mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai dalam sebuah wawancara dengan Russia Today baru-baru ini.

Pada kesempatan itu, Karzai menjelaskan bahwa invasi yang dilancarkan oleh koalisi pimpinan Amerika Serikat di Afghanistan pada tahun 2001 lalu, tepatnya pasca tragedi 9/11, sebenarnya sempat disambut oleh sebagian besar penduduk Afghanistan yang ingin membebaskan diri dari ekstremisme dan kekerasan pemerintahan Taliban.

Adanya dukungan penduduk setempat itulah yang kemudian menjadi salah satu faktor “keberhasilan langsung” dari upaya Amerika Serikat dalam misinya di Afghanistan.

“Kami mulai melihat ke depan dengan harapan yang luar biasa,” kata Karzai.

Namun, harapan tersebut pupus seketika oleh pasukan Amerika Serikat dengan cara mereka mengimplementasikan “war on terror”.

“(Pasukan Amerika Serikat) memberi tahu kami bahwa tempat-tempat suci berada di luar Afghanistan. Tapi kemudian mereka mulai mengebom desa-desa dan rumah-rumah Afghanistan dan membuat orang-orang kami terluka dan terbunuh, dan rumah-rumah hancur,” ujar Karzai.