Jumat Besok, Muslim Maroko Baru Rayakan Tahun Baru Hijriyah

Eramuslim – Muslim Maroko baru akan memperingati pada Tahun Baru Islam 1439 Hijriah pada hari Jumat (22/09) besok, seperti dilansir IINA dari Assosiasi Observasi Ribat Al-Fath.

Pada hari Rabu (20/09) kemarin, Muslim Maroko tidak mungkin melihat bulan sabit di Maroko dengan mata telanjang. Dengan permukaan yang diterangi hanya 0,4 persen, dan hanya bisa diamati melalui instrumen astronomi seperti teropong atau teleskop.

Hari Kamis baru akan memungkinkan untuk melihat bulan dengan mata telanjang di Maroko dan juga seluruh dunia, yang berarti hari Tahun Baru akan dimulai pada hari Jumat (15/09).

Seperti di banyak negara di dunia Arab, di Maroko Tahun Baru Islam adalah hari libur nasional, demikian dilaporkan oleh Maroko World News.

Tahun Baru Islam, atau Tahun Baru Hijriyah, jatuh pada hari pertama bulan Muharram, bulan pertama kalender Islam.

Muharram dianggap sebagai bulan suci dalam kalender Islam, setelah Ramadhan dan Dzul-Hijjah. Tanggal 1 Muharram 1439 H sendiri ditentukan menurut pengamatan lunar (bulan).

Nama Hijriah merujuk pada Hijrah atau berpindahnya Nabi Muhammad ﷺ dan para pengikutnya dari Makkah ke Madinah antara 21 Juni dan 2 Juli 622 M. (PM/Ram)