free hit counters
 

Identitas 4 Oknum Pemicu Kerusuhan di Minneapolis, Memang ‘Bad Cop’

Redaksi – Jumat, 29 Mei 2020 17:45 WIB

Eramuslim.com – Identitas empat polisi yang terlibat dalam insiden tewasnya George Floyd telah dipublikasikan. Dan faktanya, ada satu petugas polisi yang selama ini punya catatan ‘kotor’ selama menjadi petugas.

Seperti dilansir MPRnews, Jumat 29 Mei 2020, identitas keempat petugas kepolisian tersebut adalah Derek Chauvin, Tou Thao, Thomas Lane dan Alexander Kuen. Namun pihak kepolisian masih enggan menyebutkan oknum mana yang menginjak leher George Floyd hingga tewas.

Yang menarik, rekam jejak beberapa polisi tersebut memang ‘kotor’ dalam beraksi. Chauvin pernah terlibat dalam dua penembakan yang berujung kematian. Tepatnya pada tahun 2006 dan 2008. Dalam dua aksi penembakan berujung kematian tersebut, aksi Chauvin dibenarkan.

Yang lebih mengejutkan, sebenarnya telah banyak masuk laporan yang mengadukan aksi Chauvin dalam menjalankan tugasnya di kepolisian. Bahkan hingga lusinan. Sayangnya hal itu tidak dipublikasikan termasuk tak adanya sanksi yang diberikan kepadanya.

Lalu untuk rekam jejak Thao dan kedua petugas yang lain yakni pernah mendapat gugatan karena dianggap berlebihan dalam menjalankan tugasnya, tepatnya di tahun 2017. Saat itu, Thao harus membayar gugatan sebesar 25 ribu dollar AS. Total Thao telah menerima komplain dan salah satunya masih dalam proses.[viva]

Berita Terbaru