Ikuti Langkah Pemerintah Kudeta Mesir, Tunisia Mulai Satukan Khutbah Jum’at

khutbah jumatEramuslim – Mulai hari Jum’at (9/12) kemarin pemerintah Tunisia mewajibkan khutbah shalat Jum’at terpadu dengan satu tema di seluruh masjid yang akan dikeluarkan Departemen Agama setiap pekannya.

Dalam keterangannya, Departemen Agama Tunisia menjelaskan bahwa pihaknya hanya akan menentukan topik besar khutbah Jum’at setiap pekannya, dan menyerahkan isi khutbah kepada setiap imam di masjid-masjid.

Khusus untuk merayakan Hari Anti Korupsi Sedunia yang diperingati setiap tanggal 9 Desember, Departemen Agama Tunisia mengeluarkan tema khutbah shalat Jum’at perang melawan korupsi dalam hukum Islam.

Perlu diketahui bahwa sejak awal bulan Februari 2014 pemerintah kudeta Mesir telah menyatukan tema khutbah Jum’at ke seluruh masjid-masjid untuk mempermudah kontrol negara di tempat-tempat ibadah umat Islam.

Tidak hanya menyatukan tema, pemerintah kudeta Mesir juga memecat ribuan imam yang tidak mendukung pemerintahan Sisi dan menutup masjid-masjid milik kelompok oposisi pemerintah. (Dostor/Ram)