free hit counters
 

Ilmuwan: ASI Ekslusif Selama 6 Bulan Turunkan Resiko Diabetes Hingga 47%

zahid – Kamis, 21 Jumadil Awwal 1439 H / 8 Februari 2018 12:00 WIB

Eramuslim – Menyusui bayi selama enam bulan atau lebih terbukti mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2 bagi kaum wanita. Temuan ini berdasarkan penelitian terpanjang yang pernah dilakukan, lansir The Telegraph dalam terbitannya bulan Januari lalu.

Periset di Amerika Serikat (AS) telah menganalisis data dari para wanita, yang terdaftar dalam studi kesehatan jantung lebih dari 30 tahun yang lalu. Para ahli meneliti gaya hidup dan kesehatan mereka yang dipantau sepanjang waktu.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa ibu yang menyusui anak-anak mereka setidaknya selama enam bulan, 47 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan ibu yang tidak menyusui. Sedangkan ibu yang menyusui kurang dari enam bulan juga menurunkan risiko terkena diabetes sebesar 25 persen.

Para ilmuwan percaya bahwa ada alasan biologis yang baik mengapa menyusui dapat melindungi terhadap diabetes. Diketahui bahwa menyusui dapat meningkatkan hormon yang mengontrol kadar insulin dalam darah dan menurunkan gula darah. Ini juga bisa membantu ibu yang baru melahirkan untuk menurunkan berat badan.

“Kami menemukan hubungan yang sangat kuat antara durasi menyusui dan risiko diabetes yang lebih rendah. Bahkan setelah memperhitungkan semua faktor risiko yang mungkin terjadi,” ujar  penulis utama Dr Erica Gunderson, ilmuwan sekaligus peneliti senior di Divisi Riset Kaiser Permanente California.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Terbaru

blog comments powered by Disqus