free hit counters
 

Ilmuan Barat Temukan Fakta Ilmiah Dibalik Hadits Rasulullah “Makan Sebelum Lapar”

zahid – Selasa, 28 Jumadil Awwal 1439 H / 13 Februari 2018 05:15 WIB

Eramuslim – Kebanyakan manusia di muka bumi ini sudah terbiasa makan dalam keadaan perut kosong, apalagi saat sarapan pagi di mana selama semalam kita memang tidak makan dan minum apa pun ketika tidur.

Akan tetapi tidak banyak yang mempertanyakan bagaimana jika kita makan dalam porsi besar sekaligus dalam keadaan perut kosong, apakah itu berbahaya atau buruk untuk kesehatan?

Faktanya, dalam keadaan kita sangat lapar dan perut kosong, kadar gula darah akan menurun drastis. Karena tubuh memiliki insting untuk menjaga diri sendiri, ia kemudian fokus untuk bisa mendapatkan makanan apa saja, termasuk yang tinggi kalori dan rendah gizi. Inilah yang kemudian membuatmu punya keinginan makan dan ngemil makanan tidak sehat.

Sebuah penelitian yang berjudul “Natural Health Sherpa: Shopping While Hungry Leads to Bad Food Choices”, tentang orang yang belanja dalam keadaan perut lapar menunjukkan bahwa saat lapar, orang akan cenderung belanja banyak dan barang belanjaan yang ia pilih adalah makanan-makanan tidak sehat.

Penelitian yang dilakukan Food and Brand Laboratory di Cornell University menyebutkan, orang lapar cenderung berpikir tentang makanan tinggi kalori yang bisa memberikan energi. Ini adalah respon alami tubuh untuk bertahan hidup. Itulah yang dilakukan tubuh dalam kondisi kehilangan banyak kalori yang sangat ia butuhkan.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

loading...

Berita Terbaru

blog comments powered by Disqus