Indonesia Masih Sibuk Sertifikasi, Malaysia Sudah Rilis Aplikasi ‘Penditeksi’ Halal

Eramuslim – Jika di Tanah Air kita masih sibuk dengan sertifikasi makanan halal dan kontroversi pendirian Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal. Lain lagi negeri tetangga Malaysia yang kini telah meluncurkan aplikasi di ponsel pintar untuk menditeksi produk halal.

Dalam peluncuran aplikasi penditeksi halal yang diberi nama “Jakim”, Malaysia melalui Departemen Agama Islamnya menjelaskan bahwa aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah konsumen Muslim mengetahui kehalalan serta status sertifikat halal dari suatu produk.

Dilansir dari The Malay Mail Online dalam terbitannya Selasa (17/10), aplikasi “Jakim” diluncurkan langsung oleh Deputi Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Ahmad Zahid Hamidi, pada pertemuan dewan halal di Perdana Putra.

“Aplikasi akan membuat konsumen lebih mudah mendapatkan informasi mengenai verifikasi halal suatu produk dalam sertifikasi halal secara cepat dan tepat,” ujar Datuk Hamidi.

Hamidi juga menambahkan bahwa Malaysia akan memperluas label halal mereka demi meningkatkan potensi sebagai negara yang akan menjadi pusat halal terbaik dunia.

“Malaysia akan terus melanjutkan pengembangan label halal, yang diharapkan akan menjadi salah satu ekonomi penunjang,” pungkas Datuk Hamidi.

Aplikasi “Jakim” sendiri sudah dapat di install di ponsel pintar berbasis Android dan iPhone. (IP/Ram)