Kerja Sama AXIS dan PT Pos Indonesia (Persero) untuk Cerdaskan Umat

Tepat pada tanggal terunik di tahun ini, 9 September 2009 yang lalu (9/9/09), operator telekomunikasi AXIS lewat produk AXIS Salam menandatangani kerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero). Selain PT Pos Indonesia, eksistensi AXIS semakin nyata dengan dukungan dari MURI, yaitu melalui penganugerahan rekor MURI sebagai GSM Pertama Pemberi SMS Tausiyah Gratis dan Terbanyak kepada AXIS Salam pada tanggal 27 Mei 2009.

Bundling Buku dan Perangko Prisma

Pada konferensi pers yang digelar AXIS di Gedung Kantor Pos Pusat, Jakarta, diluncurkan pula Perangko Prisma berlogo AXIS Salam sebagai penanda kerja sama AXIS dengan PT Pos Indonesia (Persero). Salah satu bentuk dukungan PT Pos Indonesia (Persero) terhadap AXIS Salam adalah dengan penyebarluasan AXIS Salam di 415 Kantor Pos Wilayah Usaha Pos IV, yang meliputi wilayah Jabodetabek dan Banten dengan jumlah pemasar sebanyak 6.000 orang.

Kepala Kantor Pos Wilayah IV Jakarta, Zulkarnain Saad, menyatakan bahwa nilai dakwah dan unsur edukasi yang diusung AXIS Salam merupakan dasar utama kerja sama PT Pos Indonesia (Persero) dalam penyebarluasan AXIS Salam di gerai-gerai PT Pos.

“Kami melihat banyak sekali potensi manfaat SMS Tausiyah AXIS Salam dalam mencerdaskan bangsa sekaligus meningkatkan kualitas akhlak generasi muda di tengah maraknya arus teknologi informasi yang saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan pokok rumah tangga Indonesia. Untuk itu, kami jadwalkan awal kerja sama AXIS-PT Pos Wilayah IV ini sebagai entry point peluang dan kerja sama lainnya yang diharapkan bermanfaat bagi kedua belah pihak,” tutur Zulkarnain.

Penandatanganan kerja sama antara AXIS dengan PT Pos Indonesia (Persero) dilakukan oleh Mr. Muslim Khan, Direktur Operasional AXIS, dan Ismanto, Direktur Mail & Logistic Operasional PT Pos Indonesia (Persero).

Sebuah tren baru juga diperkenalkan pada kesempatan tersebut, yaitu program bundling buku berjudul Perjalanan Akbar Ras Adam karya Ir. Agus Haryo Sudarmojo, pimpinan Komunitas 19 yang juga seorang geologis berbasis sains Alquran. Buku tersebut telah dikemas satu paket dengan AXIS Salam sehingga masyarakat dapat memperoleh AXIS Salam di 216 cabang toko buku terkemuka, seperti Gramedia, Gunung Agung, Walisongo, dan Mizan Book Point di seluruh Indonesia.

14 SMS Tausiyah Gratis Selamanya

Rupanya, bundling buku seperti itu menandakan bahwa masyarakat juga membutuhkan oase spiritual selain harga layanan yang murah. Oase spiritual tersebut disediakan AXIS Salam melalui konten Islami berupa SMS Tausiyah gratis selamanya. Hal ini yang membedakan AXIS Salam dengan layanan telekomunikasi lainnya. Layanan ini tentu tidak main-main. Bayangkan saja, layanan serupa membutuhkan investasi yang cukup besar, sementara pelanggan AXIS Salam dapat mengakses 14 tema SMS Tausiyah sekaligus dalam sehari secara gratis. Dapat dibayangkan apabila satu pelanggan AXIS Salam mengakses 14 tema SMS Tausiyah dalam sehari, biaya subsidi yang diberikan AXIS kepada satu orang pelanggan AXIS Salam adalah Rp14.000,-/hari (dengan asumsi tarif per SMS Tausiyah = Rp1.000,-) atau Rp420.000,-/bulan.

Direktur Marketing AXIS, Johan Buse mengatakan bahwa AXIS Salam mendukung misi AXIS untuk memberikan manfaat lebih dari sekadar fungsi komunikasi seluler yang terjangkau, termasuk bagi komunitas muslim Indonesia.

“Apa yang kami berikan melalui AXIS Salam belum seberapa nilainya jika dibandingkan dengan kesempatan yang akan datang kepada AXIS untuk memberikan inspirasi yang lebih baik kepada muslim Indonesia sehingga mereka dapat menuju kehidupan lebih baik berkat inspirasi dakwah para ulama yang menulis langsung SMS tausiyah tersebut kepada para pelanggan AXIS Salam,” ujar Johan.

Pelanggan AXIS Salam dapat mengakses 14 tema SMS, yaitu Indahnya Hidup Taat pada Allah oleh Ustadz Arifin Ilham, Shalawat oleh Habib Hasan bin Ja’far Assegaf, MQ Muslimah oleh Ningrum Maurice, Islamic News Flash oleh Irena Handono, Cinta Rasulullah oleh Haddad Alwi, Tasawuf oleh Ustadz Wahfiudin, Buku Jendela Dunia oleh Komunitas Cinta Buku, 99 Asmaul Husna oleh Sutisnawan, Inspirasi Bisnis Islami oleh Dr. M. Syafii Antonio, M.Ec., Tips Hidup Sehat oleh Klub Susu Haji Sehat, Tips Cantik Islami oleh Klub Noor, Berobat kepada Allah oleh Ustadz Kemal Faisal Ferik, Rahasia Sains Alquran oleh Ir. Agus Haryo S., dan Keajaiban Shodaqoh oleh Ustadz Yusuf Mansur.

Telepon Gratis dari Mekkah ke Indonesia

Seperti yang telah banyak dipromosikan di berbagai media, AXIS Salam memberikan kesempatan untuk umrah dan menunaikan haji di tanah suci. AXIS Salam menyediakan dua paket Haji 2009 dan 15 umrah gratis bagi para pengguna AXIS, AXIS Salam, dan AXIS ASIX. Kesempatan ini dapat dimaksimalkan oleh pelanggan dengan meraih poin sebanyak-banyaknya melalui aktivasi kartu perdana AXIS dan setiap isi ulang. Promo ini berlaku hingga 31 Desember 2009.

Selain kesempatan umrah dan naik haji, AXIS Salam juga menyediakan layanan telepon gratis ke Indonesia bagi jamaah haji di Mekkah. Menurut Wendyharto Kusumaatmadja, Corporate & Community Channel AXIS, AXIS ingin memberikan value spiritual, penyegaran rohani bagi para pelanggan, salah satunya dengan SMS Tausiyah dan layanan telepon gratis tersebut. “Target kami adalah silaturahim tanpa batas,” jelas Wendyharto. (Ind)