Ketika 'Ojeker' Beriman Menggelar Raker

‘’Alhamdulillah, bisa juga kita bangun subuh,’’ ujar Saidina Ali saat mengikuti shalat subuh berjamaah di Masjid Al Barkah As Syafiiyah Gunungsindur, Bogor, Ahad (26/9). Ali salah satu dari jamaah subuh yang terdiri 20 ojeker (penarik ojek) Kampung Pondokmiri, Desa Rawakalong, Gunungsindur, Bogor.

Menurut Ali, sebenarnya yang diundang 50 ojeker. Mereka sebelumnya peserta Pesantren Kilat Ramadhan yang digelar di Masjid As Syafiiyah bekerjasama dengan LAZIS Dewan Da’wah pada 17 Agustus lalu. ‘’Tapi banyak rekan ojeker yang tidak janji bisa datang, karena tidak bisa bangun subuh,’’ kata Ali sambil tertawa.

Silaturahmi subuh bertajuk ‘’Halal Bihalal dan Rapat Kerja Ojeker Beriman’’ itu juga dihadiri Sekretaris Desa Rawakalong Haji Artha Wijaya, Sekretaris DKM As Syafiiyah Nurbowo, Manager Program Azhar Peduli Ummat Sunaryo Adhiatmoko, dan Pembina Kebon Maen Bocah Pondokmiri Teguh Yuwono.

Dalam kultum usai subuh, Sekretaris DKM As Syafiiyah Nurbowo mengemukakan, ibadah subuh penuh barokah. Subuh, bersama saat ashar, adalah waktu shalat paling berharga yang banyak dilalaikan orang.

‘’Insya Allah, pagi ini kita tekadkan untuk mulai membiasakan diri bangun dan shalat subuh berjamaah di masjid, setidaknya sepekan sekali. Insya Allah niat dan seluruh persiapan hingga perjalanan kita ke masjid juga bernilai badah,’’ tutur Nurbowo.

Mewakili pemerintahan Desa Rawakalong, Haji Artha menyambut baik kegiatan para ojeker ini. ‘’Insya Allah kita dukung sepenuhnya, karena ini akan bermanfaat bagi lingkungan,’’ katanya.

Dalam rapat kerja yang dipimpin Saidina Ali alias Bule, para anggota Forum Ojeker Beriman merumuskan sejumlah program forum. Diantaranya, silaturahmi dan kajian subuh berjamaah tiap ahad. Materinya meliputi keagamaan dan ketrampilan seperti mekanika motor dan tertib lalulintas.

Forum juga melayani tabungan anggota, pinjaman tanpa bunga (qardhul hasan), santunan, dan pelayanan pembuatan SIM kolektif.

Sebagai identitas keanggotaan, Forum akan membuatkan kartu anggota dan pakaian dinas ojeker seperti rompi dan helm khusus. (ayahasna)