Pernyataan FUI tentang Keberatan Masyarakat Terhadap Penempatan Lurah susan

susanSehubungan dengan merebaknya kasus penolakan warga masyarakat Kelurahan Lenteng Agung Jakarta Selatan atas penempatan Lurah Susan melalui lelang jabatan oleh Pemda DKI dimana masyarakat menilai bahwa Lurah Susan ini tidak cocok bagi warga Masyarakat Kelurahan Lenteng Agung serta munculnya polemik pemberitaan yang menyudutkan masyarakat kaum muslimin yang dianggap bersikap intoleran kepada Lurah Susan yang Nasrani, adanya sikap media yang membabi buta membela Lurah Susan, bahkan sikap Wagub DKI Ahok yang melecehkan aspirasi warga masyarakat hingga melecehkan Menteri Dalam Negeri yang mencoba memberikan solusi agar Pemda DKI mengevaluasi kembali keberadaan Lurah yang ditolak warga, maka Forum Umat Islam (FUI) menyatakan:

1. Meminta kepada Gubernur DKI Joko Widodo agar mengapresiasi aspirasi warga Kelurahan Lenteng Agung yang menjadi resah dengan keberadaan Lurah Susan sebagaimana tercermin dalam demo-demo yang mereka lakukan. Sebagai gubernur yang merakyat dan terkenal dengan “blusukan”nya Jokowi perlu membuktikan bahwa beliau sangat menghargai aspirasi warga sehingga bisa legowo mengevaluasi kebijakan penempatan Lurah Susan tersebut.

2. Menyesalkan sikap Wagub Basuki “Ahok” Tjahaha Purnama yang sangat arogan melecehkan aspirasi warga Kelurahan Lenteng Agung dan bersikap sangat tidak etis kepada Mendagri Gamawan Fauzi dengan kalimat yang sangat melecehkan yakni agar Mendagri belajar kembali konstitusi.

Sikap arogan Ahok ini juga tampak pada saat dipersoalkan kebijakannya melarang penyelenggaraan Sholat di Masjid Baitul Arif di bekas Kompleks Perkantoran Suku Dinas Teknis di Jl Jatinegara Barat, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur dengan bahkan keluar kata-kata kasar sebagaimana diberitakan media bahwa sekarang banyak orang yang mau menyerobot tanah negara dengan membangun masjid. Tentu ini sangat menyinggung dan menyakitkan hati umat Islam.  Untuk itu sudah selayaknya Ahok meminta maaf kepada warga Lenteng Agung, Mendagri, dan umat Islam pada umumnya. Lebih bagus lagi sebagai bukti penyesalannya Ahok mengundurkan diri dari jabatan Wagub DKI.

3. Menyerukan kepada seluruh komponen umat Islam agar tetap bersatu merapatkan barisan,  memelihara ukhuwah Islamiyyah, dan tetap senantiasa berpegang teguh kepada perintah Allah SWT dan Rasul-Nya dalam melihat berbagai persoalan bangsa serta membela hak-hak dan kepentingan Islam dan kaum muslimin.

Marilah kita renungkan firman Allah SWT:

 

9:71

Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. At Taubah 71).

 

Jakarta, 28 Dzulqa’dah 1434 H / 3 Oktober 2013

Forum Umat Islam

KH. Muhammad Al Khaththath

Sekretaris Jenderal