Pernyataan Sikap FUI Tentang Pembakaran Al-Qur'an di Florida AS

Siang tadi (30/3) Forum Umat Islam (FUI) mengadakan jumpa pers di markasnya Jalan Kalibata Tengah sehubungan dengan beberapa hal, dianyatanya: pembakaran Al-Qur’an di Florida AS, Intervensi tentara koalisi pimpinan AS dan intervensi 27 anggota Kongres AS ke Indonesia dalam masalah Ahmadiyah. berikut PERNYATAAN SIKAP FORUM UMAT ISLAM (FUI)

Menolak Pembakaran Al Quran oleh Warga AS,
Menolak Intervensi AS Atas Libya, dan
Menolak Intervensi 27 Anggota Kongres AS ke Indonesia dalam Masalah Ahmadiyah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sebagaimana diberitakan Harian Republika (22/3/2011) yang mengutip laporan AFP bahwa pada Ahad (20/3/2011) di sebuah gereja kecil di Gainesville, Florida, Pendeta Wayne Sapp di bawah pengawasan Terry Jones, telah melakukan aksi pembakaran Al Quran. Perbuatan provokatif dan keji itu dilakukan dengan alasan Al Quran dianggap bersalah terhadap beberapa kejahatan. Hanya saja, sampai saat ini, tidak ada penjelasan soal kejahatan apa yang dimaksud oleh pendeta tersebut.

Sebelumnya, Al Quran yang akan dibakar direndam dalam bensin selama satu jam. Sapp kemudian mengambil pemantik api yang biasa digunakan untuk menyalakan tungku barbeku. Lalu, Al Quran yang telah basah oleh bensin itu diletakkan di sebuah nampan berbahan metal agar efek pembakarannya tidak meluas. Dengan pemantik itu, Sapp pun membakar Al Quran yang telah diletakkan di tengah gereja. Kitab suci itu terbakar selama 10 menit sebelum akhirnya menjadi abu. Ketika api masih menyala, beberapa orang berpose untuk difoto di samping Al Quran yang sedang dilalap api. Dengan demikian sudah nyata permusuhan dan penistaan kedua pendeta tersebut terhadap agama Islam dan umatnya dalam wujud pembakaran kitab suci Al Quran tersebut.

Tentang intervensi AS dan NATO ke Libya dengan melakukan serangan kepada Libya yang menewaskan rakyat muslim Libya, seluruh media massa telah memberitakan secara luas. Serangan tersebut jelas merupakan serangan kepada seluruh umat Islam di seluruh dunia. Wajib hukumnya bagi umat islam sedunia melawan serangn AS dan NATO serta wajib memberikan pertolongan kepada kaum muslimin di Libya. Allah SWT berfirman:

"Jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan." (QS. Al-Anfal [8] : 72)

Adapun tentang intervensi 27 Anggota Kongres yang menulis surat kepada Presiden SBY agar membatalkan SKB pelarangan Ahmadiyah dan UU No. 1/PNPS/1965 tentang penodaan agama, maka intervensi tersebut sudah sangat keterlaluan dan bentuk penghinaan terhadap bangsa dan negara Indonesia yang penduduknya mayoritas muslim. Kaum muslimin wajib menolak intervensi anggota kongres tersebut dan sudah selayaknya Presiden SBY tidak menghiraukan surat intervensi tersebut. Allah SWT berfirman:

Dan Allah sekali-kali tidak akan memberi jalan kepada orang-orang kafir untuk memusnahkan orang-orang yang beriman. (QS. An-Nisa [4] : 141)

Oleh karena itu, Forum Umat Islam (FUI) yang merupakan forum dari para pimpinan dan aktivis ormas dan berbagai lembaga keIslaman yang ada menyatakan:

  1. Mengutuk keras pembakaran Al Quran oleh Pendeta Wayne Sapp di bawah pengawasan Jones di AS yang telah melukai jiwa kaum muslimin di seluruh dunia; dan halal darah kedua pendeta yang membakar Al Quran, dan wajib hukumnya bagi kaum muslimin yang punya kemampuan untuk mengesekusinya.
  2. Mengutuk serangan militer AS dan NATO ke Libya yang telah menewasakan rakyat Libya, menyerukan kepada umat Islam untuk membantu umat Islam di Libya dalam bentuk apapun; meminta kepada pemerintah RI untuk melakukan protes keras kepada DK-PBB atas serangan tersebut serta mengirimkan bantuan logistik dan personil kepada Libya untuk mempertahankan tanah air mereka; serta memfasilitasi para pemuda Islam yang siap berjihad ke Libya melawan serangan AS dan NATO sekutunya.
  3. Menolak keras campur tangan 27 anggota Kongres AS kepada Presiden SBY yang meminta agar presiden mencabut SKB tentang pelarangan Ahmadiyah, bahkan meminta kepada Presiden SBY untuk mencabut UU No. 1/PNPS/1965.
  4. Meminta seluruh ulama, habaib, dan pimpinan organisasi-organisasi Islam agar merapatkan barisan umat Islam dan meningkatkan ukhuwah Islamiyyah, menjaga aqidah dan kesucian agama Islam, dari berbagai penistaan yang dilakukan oleh musuh-musuh Islam di mana saja berada, dan berjuang keras agar pemerintah menerapkan hukum-hukum syariah Islam demi menjaga agama Islam secara keseluruhan menurut petunjuk Allah dan Rasul-Nya.
  5. Menyerukan kepada seluruh komponen umat Islam, baik para pemuda, mahasiswa, buruh, tani, dan nelayan, serta profesi apapun agar bergabung bersama para ulama/habaib/pimpinan organisasi Islam meningkatkan kewaspadaan dan kesiagaan menjaga Islam dan kesuciannya serta melakukan pembelaan kepada Al Quran, umat Islam yang diserang musuh, dan kesucian Islam dalam bentuk DEMO DI DEPAN KEDUBES UNTUK MENOLAK PEMBAKARAN AL QURAN DI AS, MENOLAK INTERVENSI AS DAN NATO, DAN MENOLAK INTERVENSI ANGGOTA KONGRES KEPADA PEMERINTAH DALAM MASALAH AHMADIYAH.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Jakarta, Senin 23 Rabiul Akhir 1432 H/28 Maret 2011 M

Atas Nama Umat Islam Indonesia
FORUM UMAT ISLAM

Sekretaris Jenderal
KH. Muhammad Al Khaththath